Perayaan Natal Bersama Lingkungan Sumber

JagoKomSos.Org – Hari pertama di bulan pertama tahun 2023, umat Lingkungan Antonius, Wilayah Bethlehem, Sumber, mengadakan kegiatan Perayaan Natal Bersama Lingkungan Sumber.

Mengusung tema Natal 2022, ‘Pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain’, toleransi umat beragama di Lingkungan Sumber nampak begitu semarak dalam Perayaan Natal sekaligus Tahun Baru 2023 kali ini. Tak hanya Umat Kristiani, saudara-saudari dari umat Muslim turut hadir dan menyemarakkan acara ini.

Umat Lingkungan Antonius Sumber merayakan Natal bersama

Bertempat di Lapangan Sumber, hadir dalam gelaran kali ini, Romo Agustinus Budi Nugroho, SJ selaku Kepala Paroki, Lurah Panjang, Babinsa, Babinkamtibnas, jajaran DPP Paroki Santo Yusuf Ambarawa, umat Katolik hingga umat Muslim dari lingkungan setempat.

Sinergi dan peran serta pengurus lingkungan, PIA, PIR hingga umat begitu nampak dalam pelaksanaan Perayaan Natal di Lingkungan Sumber. Tak hanya dalam persiapan, terlebih dalam mengisi sederet acara bernuansa Natal. Mini drama berjudul Bunga Untuk Bayi Yesus ditampilkan oleh adik-adik PIA, dilanjutkan dengan Gerak Tari dan Lagu Gita Surga Bergema.

Gerak Tari dan Lagu oleh PIA Lingkungan Antonius, Sumber

“Kami sungguh bersyukur sekaligus berbangga atas toleransi antar umat beragama di Lingkungan Sumber ini tanpa saling menyinggung, tanpa salaing membenci, sehingga tetap dapat berjalan bersama saling beriringan sebagai sesama insan manusia. Warga dapat saling menghormati dan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan sendiri-sendiri, namun secara sosial kemasyarakatan tetap bersatu, satu arah, satu tujuan. Warga dapat tetap bersatu, guyub-rukun dan kompak selamanya.” demikian sambutan pembuka yang disampaikan oleh panitia.

Budaya toleransi antar umat beragama di Lingkungan Sumber ini sudah berlangsung sejak lama. Seolah berbalas penghormatan, toleransi antar umat beragama di Lingkungan Sumber ini tak hanya ketika umat Katolik merayakan Natal, namun juga ketika umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Adat kebiasaan yang menjadi budaya setempat tampak pula dalam sebuah Gunungan berhias sayur dan buah-buahan yang ditempatkan pada pintu masuk. Gunungan ini sekaligus menjadi simbol rasa syukur atas hasil bumi yang didapat oleh masyarakat setempat.

Gunungan Hasil Bumi simbol syukur masyarakat Sumber

Sejumlah doorprize juga disediakan oleh panitia sebelum seluruh yang hadir bersyukur dan makan bersama.

“Jika dalam Perayaan Natal seperti ini umat Muslim turut terlibat dan membantu, demikian pula ketika Idul Fitri, kami umat Katolik juga terlibat. Seperti inilah Lingkungan Antonius, Wilayah Bethlehem, Sumber, Ambarawa, dimana toleransi antar umat beragama dalam kegiatan-kegiatan seperti ini begitu kami kedepankan. Selain untuk menjaga semangat persatuan, terlebih untuk tetap menjaga semangat guyup-rukun di antara umat pemeluk agama yang berbeda-beda.” papar Mas Teguh selaku panitia sekaligus prodiakon lingkungan setempat.

Baca juga : Perayaan Misa Natal 2022

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *