Teks Misa Minggu 27 Februari 2022

HARI MINGGU BIASA VIII
Tahun Litugi C ( H )
27 FEBRUARI 2022

Pengantar

I    Dewasa ini, media massa semakin banyak membanjiri kita dengan iklan dan propaganda yang menyebabkan berkurangnya perhatian nyata kita kepada sesama. Ketajaman daya tangkap dan keterampilan kita menghadapi situasi hidup semakin berkurang. Hati kita sering mengucapkan bahasa yang lain daripada yang keluar dari mulut kita. Padahal sebagai murid Kristus, kita harus mengutamakan hati yang bersemangat cinta kasih daripada sekadar formalisme dan kemunafikan. Melalui ekaristi ini, kita diminta tetap kuat dalam pengharapan, agar kekuatiran tidak sampai menghancurkan hidup.

RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka PS. 323

Tanda Salib dan Salam

I    Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus

U   Amin

I    Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.

U   Dan bersama rohmu.

Tobat

I    Saudara-saudari, marilah kita mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.

U   Saya mengaku…

I    Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U   Amin

Tuhan Kasihanilah Kami

Madah Kemuliaan

Doa Kolekta:

I      Marilah kita berdoa. (hening sejenak)

Ya Allah, dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu, Engkau telah menaruh Sabda cinta kasih-Mu. Kami mohon, buatlah Sabda-Mu itu berkembang subur dalam diri kami agar kami semakin menyerupai Putra-Mu dalam cinta kasih yang tulus kepada sesama kami. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa.

U     Amin.

Bacaan Pertama Sir. 27:4-7

L   Pembacaan dari Kitab Putra Sirakh:

Kalau ayakan digoyang-goyangkan, maka sampahlah yang tinggal. Demikian pula keburukan manusia tinggal dalam bicaranya. Perapian menguji periuk belanga penjunan, tetapi ujian terhadap manusia terletak dalam bicaranya. Nilai ladang ditampakkan oleh buah pohon yang tumbuh di situ, demikian pula bicara orang menyatakaan isi hatinya. Jangan memuji seseorang sebelum ia berbicara, sebab justru bicaralah batu ujian manusia.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U   Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm. 92:2-3.13-14.15-16; UI:lh. 24

Aku hendak memuji nama-Mu, ya Tuhan, selama lamanya.

  • Sungguh baik menyanyikan syukur kepada Tuhan, dan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, yang maha tinggi, memberitakan kasih setia-Mu di waktu pagi dan kesetiaan Mu di waktu malam.
  • Orang benar akan bertunas seperti pohon kurma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait Tuhan akan bertunas di pelataran Allah kita.

Bacaan kedua 1Kor 15:54-58

L   Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:

Saudara-saudara, sesudah hal-hal yang dapat binasa mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah Firman Tuhan: “Maut telah ditelan dalam kemenangan! Hai maut, di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu? Sengat maut adalah dosa, dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberi kita kemenangan berkat Yesus Kristus, Tuhan kita.” Karena itu, Saudara-saudaraku yang terkasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U   Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil  Flp. 2:15-16

S    Alleluya.                 U       Alleluya.

S    Kamu bercahaya seperti bintang-bintang bila kamu berpegang pada Firman kehidupan.

U   Alleluya.

Bacaan Injil                  Luk. 6:39-45

I    Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Sekali peristiwa Yesus menyampaikan perumpamaan ini kepada murid-murid-Nya, “Dapatkah seorang buta menuntun orang buta? Bukankah keduanya akan jatuh ke dalam lubang? Seorang murid tidak melebihi gurunya, tetapi orang yang telah tamat pelajarannya akan menjadi sama dengan gurunya. Mengapakah engkau melihat selumbar dalam mata saudaramu, sedangkan balok dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui? Bagaimana mungkin engkau berkata kepada saudaramu, ‘Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar dalam matamu’, padahal balok yang dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu. Tidak ada pohon baik yang menghasilkan buah yang tidak baik. Dan juga tidak ada pohon tidak baik yang menghasilkan buah baik. Sebab setiap pohon dikenal dari buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara, dan dari duri-duri orang tidak memetik buah anggur. Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hati yang baik. Tetapi orang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaan hatinya yang jahat. Sebab yang diucapkan mulut meluap dari hari.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U   Terpujilah Kristus

Doa Umat

I    Saudara-saudara, Yesus mengajarkan kepada kita kerahiman Allah yang selalu mengampuni, selalu ingin menyelamatkan orang, bukannya menghukum. Maka marilah kita mohon kepada Allah Bapa, sambil berseru: Tuntunlah kami di jalan menuju kehidupan.

L   Bagi Bapa Suci dan Para Uskup. Semoga Allah selalu menunjukkan para gembala Gereja, jalan mana yang harus ditempuh dalam keadaan masa kini yang sulit, yaitu jalan pengampunan dan kasih, jalan keadilan dan kebenaran. Marilah kita mohon kepada-Nya…

U   Tuntunlah kami di jalan menuju kehidupan.

L   Bagi para pemimpin masyarakat. Semoga Allah menunjukkan jalan mana yang harus ditempuh oleh para pemimpin masyarakat untuk secara jujur mencari apa yang baik dan benar; semoga mereka tidak disesatkan oleh keinginan dan nafsu untuk berbuat curang. Marilah kita mohon kepada-Nya

U   Tuntunlah kami di jalan menuju kehidupan.

L   Bagi korban bencana dan kecelakaan lalu lintas. Semoga Allah menunjukkan jalan yang harus ditempuh oleh mereka yang mengalami penderitaan karena bencana alam dan kecelakaan lalu lintas. Semoga mereka mampu memaknai penderitaannya dan merasakan uluran kasihNya melalui pihak-pihak yang membantu mereka. Marilah kita mohon kepada-Nya…

U   Tuntunlah kami di jalan menuju kehidupan.

L   Bagi kita semua yang hadir di sekitar altar ini. Semoga Allah menunjukkan jalan yang harus kita tempuh, semoga kita mulai melihat kejahatan di hati kita sendiri dan memperbaikinya terlebih dahulu, serta tidak mudah  mengadili orang lain yang belum tentu salah, karena kita sendiri mudah tergoda untuk melakukan kesalahan yang sama. Marilah kita mohon kepada-Nya…

U   Tuntunlah kami di jalan menuju kehidupan.

I    Allah Bapa yang Mahabaik, bukalah mata semua orang buta yang telah menyimpang dari jalan benar. Tuntunlah kami dengan kasih dan kekuatan-Mu sebab Engkau mengasihi kami semua. Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami.

U   Amin.

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan: PS: 380

Doa Atas Persembahan

I    Ya Allah, semoga persembahan yang kami unjukkan ini menyatukan kami dalam cinta kasih yang subur bersama dengan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami.

U   Amin

DOA SYUKUR AGUNG

Dialog Pembuka

I    Tuhan bersamamu.

U   Dan bersama rohmu.

I    Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.

U   Sudah kami arahkan.

I    Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.

U   Sudah layak dan sepantasnya.

Prefasi 

Kudus

Anamnese

I    Marilah mewartakan misteri iman kita.

U   Setiap kali kami makan roti ini, dan minum dari piala ini, wafatMu Tuhan, kami wartakan hingga Engkau datang.

Bapa Kami

Doa Damai

I    Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu; dan berilah kami damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.

U   Amin

I    Semoga damai Tuhan selalu bersamamu.

U   Dan bersama rohmu.

Pemecahan Roti

Persiapan Komuni

I    Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.

U   Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Lagu Komuni PS: 541, 647

DOA SINODE

Adsumus Sanctae Spiritus

L   Kami berdiri dihadapanMu, ya Roh Kudus, pada saat kami berkumpul di dalam namaMu. BersamaMu sendiri yang membimbing kami, membuat diriMu nyaman berdiam di hati kami.  Ajarilah kami jalan yang harus kami tempuh, dan bagaimana kami harus mengikuti jalan itu.

U   Kami lemah dan berdosa, Jangan biarkan kami mendukung kekacauan, Jangan biarkan kebodohan menuntun kami ke jalan yang salah. Jangan pula keberpihakan mempengaruhi tindakan – tindakan kami.

L   Kiranya kami menemukan di dalam Engkau kesatuan kami, agar kami boleh berjalan bersama menuju kehidupan abadi dan tidak menyimpang dari jalan kebenaran dan apa yang benar.

U   Semua ini kami mohon kepadaMu, yang berkarya di setiap tempat dan waktu, dalam persekutuan dengan Bapa dan Putra, untuk selama-lamanya. Amin

Doa Sesudah Komuni

I    Marilah berdoa:

Allah Bapa kami di surga, semoga Sabda dan Tubuh Kristus, Putra-Mu, yang telah kami terima menjadikan hidup kami tumbuh dan berkembang dengan subur. Dengan demikian, kami dapat memberi naungan dan keamanan, keadilan dan kedamaian kepada sesama melalui cinta kasih kami yang tulus. Demi Kristus, Tuhan kami.

U   Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman 

Berkat dan Pengutusan

I    Tuhan bersamamu.

U   Dan bersama rohmu.

I    Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati saudara sekalian, Bapa dan Putra dan Roh Kudus

U   Amin

I    Saudara-saudari, pergilah, misa sudah selesai.

U   Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup PS : 697

Untuk mendownload teks misa silahkan klik tombol dibawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements