BACAAN HARIAN

Jalan Salib Dan Penyangkalan Diri

Jalan yang Ia tunjukkan ialah jalan sallib dan penyangkalan diri. Tidak hanya sekali, tetapi dari waktu ke waktu di sepanjang lorong kehidupan kita.

Renungan Harian Katolik, Kamis 3 Maret 2022, Hari Kamis Sesudah Rabu Abu (Ungu).

Santo Marinus; St. Nikolo

Bacaan I : Ul. 30:15-20

Mazmur : 1:1-2.3.4.6

Bacaan Injil : Injil Lukas 9:22-25

Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”

Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?”

RENUNGAN

Masa Prapaskah adalah masa persiapan untuk merayakan kebangkitan Tuhan, yaitu kepenuhan kemenangan kehidupan yang dibawa Kristus. Itulah hidup rahmat yang sudah mulai diberikan Allah kepada manusia juga ketika manusia masih hidup di dunia ini, yaitu jika kita mematuhi perintah-perintah Allah dan mengikuti jalan yang ditunjukkan-Nya. Itulah hidup rahmat yang akan membuat jumlah kita menjadi lebih banyak dan membuat berkat Allah yang berlimpah menyertai kita (Bil: 30:15-20).

Itulah hidup yang dijanjikan Yesus jika kita mau mengikuti-Nya dengan berani menyangkal diri, memikul salib kita setiap hari dan mengikut Yesus (Luk. 9:22-25).

Yesus mengajak kita untuk tidak terlena dan terjerembap dalam kesenangan duniawi semata. Ia mengajak dan memanggil kita untuk bersekutu dengan-Nya; untuk hidup dalam kasih Allah yang menjanjikan kita kebahagiaan dan sukacita sejati.

Jalan yang Ia tunjukkan ialah jalan sallib dan penyangkalan diri. Tidak hanya sekali, tetapi dari waktu ke waktu di sepanjang lorong kehidupan kita. Mampu dan maukah kita untuk memanggul salib dan menyangkal diri?

DOA

Ya Allah, bukalah hati dan pikiran kami agar mata batin kami dicelikkan untuk melihat hidup rahmat yang Kaujanjikan, hidup yang sesungguhnya, dan beranikanlah kami untuk memperjuangkan meski kami harus bersusah-payah dan menderita. Amin.

Baca juga : Kerapuhan Kita

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Renungan: Ziarah Batin 2022, OBOR Indonesia.

Advertisements
Advertisements