BACAAN HARIAN

Untuk Itu Aku Datang

Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku datang.

Renungan Harian Katolik, Rabu 12 Januari 2022, Pekan Biasa I (Hijau).

Bacaan I : 1Sam. 3:1-10.19-20

Mazmur : 40:2.5.7-8a.8b-9.10

Bacaan Injil : Injil Markus 1:29-39

Sekeluarnya dari rumah ibadat itu Yesus dengan Yakobus dan Yohanes pergi ke rumah Simon dan Andreas. Ibu mertua Simon terbaring karena sakit demam. Mereka segera memberitahukan keadaannya kepada Yesus. Ia pergi ke tempat perempuan itu, dan sambil memegang tangannya Ia membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya. Kemudian perempuan itu melayani mereka.

Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan. Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu. Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia.

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; waktu menemukan Dia mereka berkata: “Semua orang mencari Engkau.”

Jawab-Nya: “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang.”

Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.

RENUNGAN

Hana, ibu Samuel menepati janjinya. Ia menyerahkan Samuel, anak tunggalnya, untuk melayani Eli, imam Tuhan. Ketulusan ibunya, melekat pada Samuel, sehingga Tuhan memanggilnya suatu malam. Namun, ia belum mengenal suara Tuhan secara pribadi. Syukur, Eli membantunya (1 Sam. 3:1-10.19-20).

Peristiwa Tuhan memanggil Samuel menunjukkan pelajaran spiritual yang penting. Tuhan selalu mendatangi dan memanggil kita secara pribadi. Tuhan tidak asing dan jauh dari kita. la tamu hati kita, yang setiap hari mengunjungi kita. Memanggil berarti seseorang dikenal, diundang, dan mau ada bersama, dan bekerja sama.

Seperti Samuel, setiap kita dipanggil oleh Tuhan dengan cara-Nya dan sesuai situasi kita masing-masing. Namun, sebagaimana Samuel membutuhkan bantuan Eli untuk mengenal suara Tuhan, demikian juga kita. Kita membutuhkan bantuan sesama terutama pendamping spiritual untuk lebih mudah mengenal suara panggilan Tuhan. Suara panggilan Tuhan akan terdengar jelas jika kita membuka hati dan membaktikan diri untuk Tuhan, seperti Samuel. Untuk itu, perlu berdoa dalam keheningan batin. Hal itu dilakukan Yesus dalam bacaan Injil hari ini (Mrk. 1:29-39).

Allah dalam diri Putra, Yesus Knistus, mendatangi manusia, memanggilnya, dan memberikan pembebasan kepada mereka dan segala macam kesusahan, antara lain penyakit. Yesus memperkuat keberadaan dan kehadiran Allah yang pernah memanggil Samuel.

DOA

Ya Tuhan, bantulah kami untuk mencintai keheningan, agar dapat mendengar panggilan-Mu yang selalu menggema dalam batin kami. Amin.

Baca juga : Doa Mendatangkan Rahmat

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements