TEKS MISA

Teks Misa Malam Natal 2023

HARI RAYA MALAM NATAL (MISA VIGILI)
Tahun Liturgi B
24 DESEMBER 2023

Pengantar
I : Inilah malam yang kita nanti-nantikan, malam yang penuh arti, malam yang penuh sukacita dan kedamaian. Natal telah tiba. Misteri penjelmaan Allah menjadi manusia kita rayakan dengan penuh syukur. Yesus Kristus, Sang Juru Selamat, telah lahir bagi kita. Dialah Sang Immanuel: Allah beserta kita. Karena Allah hadir bersama kita, maka selayaknya kemuliaan kita lambungkan hanya bagi Allah saja, sehingga damai sejahtera akan senantiasa memenuhi bumi. Marilah kita rayakan kelahiran Kristus Tuhan dengan gembira dan penuh syukur, kita wujudkan suasana penuh damai ini mulai dari keluarga, komunitas dan di tempat kita bekerja. Untuk itu marilah kita rayakan karya penyelamatan Allah ini dengan terlebih dahulu mendengarkan “Maklumat Kelahiran Yesus Kristus”.

Maklumat Kelahiran Yesus Kristus

Maklumat tentang kelahiran Yesus Kristus, penyelamat dunia.
Beribu-ribu abad sesudah bumi dan segala isinya diciptakan;
Delapan belas abad sesudah Abraham menanggapi panggilan Allah;
Dua belas setengah abad sesudah Musa diutus Allah,
Mengantar umat Israel ke tanah yang dijanjikan;
Sepuluh abad sesudah Daud dipilih Allah menjadi raja umatNya;
Lima abad sesudah umat Allah diantarkan kembali dari pembuangan Babel;
Sesudah kegenapan masa tiba,
Waktu kaisar Agustus mengeluarkan perintah
Untuk mengadakan cacah jiwa
Di seluruh wilayah kerajaannya;
Maka, sesudah dikandung Perawan Maria
Oleh kuasa Roh Kudus;
Lahirlah di Betlehem daerah Yudea
Yesus Kristus, Putra Bapa,
Untuk menyelamatkan umat manusia.

PERARAKAN MASUK (diiringi dengan nyanyian)

Misa Pertama

Malam Kudus
Malam kudus, sunyi senyap, bintangmu gemerlap
Juru slamat manusia, sudah turun dari surga
Kristus Penebus dunia, Raja maha mulia
Malam kudus, sunyi senyap, dombamu berderap
Hanya gembala yang jaga, menghadap Yesus Sang Putra
Lahir dalam haru
Malam kudus, sunyi senyap, tidurMu tlah lelap
Angkasa raya dan bumi, mendamba cinta Ilahi
Cahya cinta bakti, cahya cinta bakti

Misa Kedua

Malam Kudus
Malam kudus, sunyi senyap, dunia terlelap
Hanya dua berjaga terus, ayah bunda mesra dan kudus
Anak tidur tenang, Anak tidur tenang
Malam kudus, sunyi senyap, Gloria menggegap
Bala surga menyanyikannya, dan gembala menyaksikannya
Lahir Sang Penebus, lahir Sang Penebus
Malam kudus, sunyi senyap, kurnia dan berkat
Tercermin bagi kami terus, di wajahMu ya Anak kudus
Cinta kasih kekal, cinta kasih kekal

Doa di depan Kanak-Kanak Yesus
I : Bangsa yang berjalan dalam kegelapan, telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. Ya Allah, di hadapan hadiratMu kami panjatkan puji syukur, sebab Yesus Sang Putera telah berkenan hadir dan tinggal di antara kami sebagai manusia dalam kesederhanaan. Dialah Allah kami yang ada sekarang, yang sudah ada, dan yang akan datang. Semoga kami dianugerahi kesukaan yang besar dan kemauan untuk menanggapi rahmat kehadiranMu.
U : Amin

Doa Suami Istri
Ya Yesus Kristus, puji syukur atas segala rahmatMu karena kami dapat meneladan Keluarga Kudus Nazareth. Bantulah kami semakin mengenal keluarga kami dan memperbaiki relasi kami satu sama lain, sehingga kami bekerja sama untuk membangun kekudusan dengan saling mencintai seperti mencintai Engkau sendiri, lebih melayani daripada dilayani, serta menghargai satu sama lain dalam ketulusan dan mengambil bagian dalam membangun kebahagiaan. Amin.

Doa Anak-anak
Tuhan Yesus yang baik, hari ini kami menghadap Engkau dengan riang gembira. Kami juga bahagia, Engkau memberikan ayah, ibu, saudara dan teman-teman yang baik. Kami berdoa agar mereka Kau anugerahi dengan kegembiraan dan kasih sayang, sehingga kami semua sungguh menjadi teman dan sahabat sejatiMu. Inilah hadiah terindah yang ingin kami berikan kepadaMu. Amin

Doa Kaum Muda
Ya Yesus, kami mewakili kaum muda gereja, datang menghadap kepadaMu. Semoga kami memiliki semangat baru akan harapan dan terang yang datang dariMu, sehingga terus melakukan perjuangan dalam mengembangkan diri kami menjadi orang Katolik sejati yang selalu membawa berkat bagi keluarga, teman, Gereja, dan tanah air. Amin.  

Doa untuk Seluruh Umat
Allah Bapa di surga, kami memuji Engkau dan bersyukur kepadaMu karena sabdaMu yang menjadi manusia dengan hadir di tengah-tengah kami. Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya Ilahi yang abadi. Dengan kelahiranNya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami, dan cahaya keselamatanMu bersinar di tengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami. Curahkanlah rahmatMu, agar kami berani menjadi pembawa damai bagi sesama, sehingga terwujudlah damai di bumi. Amin.

I : Sabda sudah menjadi manusia, Alleluya
U : Dan tinggal di antara kita, Alleluya
I : Marilah berdoa
Ya Allah yang Mahakuasa, kami mohon kepada-Mu agar kami yang masih terbelenggu dalam dosa dibebaskan oleh kelahiran Putera-Mu yang tunggal yang menjadi manusia. Dia yang hidup dan bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus Allah sepanjang segala abad
U : Amin

RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka : PS 453

Dalam Kota Raja Daud
Dalam kota Raja Daud ada kendang yang rendah
Di palungan dibaringkan Bayi mungil yang lemah
Yesus Kristus namaNya, dan Maria bundaNya
Ia turun dari surga, Tuhan alam semesta
Dan palungan dalam kandang tempat tidur bagiNya
Ia hidup beserta orang hina dan rendah

Tanda Salib dan Salam
I : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Pengantar

Seruan Tobat

Tuhan Kasihanilah Kami

Madah Kemuliaan

Doa Kolekta
I : Marilah kita berdoa:
Allah Bapa yang Mahakuasa, bukalah hati kami dan nyalakanlah cahaya-Mu di dalamnya, agar dalam wajah Putra-Mu yang lahir pada malam hari ini, kami dapat mengenali kemuliaan-Mu dan semakin mengimani betapa besar cinta kasih-Mu kepada kami. Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa.
U : Amin

Bacaan Pertama: Yes, 9:1-6
L : Bacaan dari kitab Yesaya
Seorang putra telah diberikan kepada kita. Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; terang telah bersinar atas mereka yang diam di negeri kekelaman. Engkau, ya Tuhan, telah banyak menimbulkan sorak-sorai dan sukacita yang besar. Mereka telah bersukacita di hadapan-Mu seperti orang bersukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorai di waktu membagi-bagi jarahan. Sebab kuk yang menekan bangsa itu dan gandar di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian. Setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. Sebab seorang anak telah lahir bagi kita, seorang putra telah diberikan kepada kita. Lambang pemerintahan ada diatas bahunya, dan orang menyebut dia: Penasihat Allah, Allah Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai. Besarlah kekuasaannya dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkan kerajaannya itu dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan Tuhan semesta alam akan melakukan hal itu.   
Demikianlah sabda Tuhan
U : Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan Mzm.36:1-3.11-13:Ul:3c
Hendaklah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai di hadapan wajah Tuhan kar’na Ia sudah datang.
Ayat :
1. Nyanyikanlah Lagu baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan hai seluruh Bumi! Menyanyilah bagi Tuhan pujilah nama-Nya
2. Kabarkanlah dari hari ke hari, keselamatan yang datang dari padaNya. Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa, kisahkanlah karya-karyaNya yang ajaib di antara segala suku bangsa

Bacaan Kedua: Tit.2:11-14
L : Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Titus
Saudaraku terkasih, sudah nyatalah kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia. Kasih karunia itu mendidik kita agar meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi, dan agar kita hidup bijaksana, adil dan beribadat, di dunia sekarang ini, sambil menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia, dan penyataan kemuliaan Allah yang mahabesar dan Penyelamat kita Yesus Kristus. Ia telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, milik-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.
Demikianlah sabda Tuhan
U : Syukur kepada Allah

Bait Pengantar Injil: Luk.2:10-12
S : Alleluia
U : Alleluia
S : Kabar gembira kubawa kepadamu: Pada hari ini, lahirlah Penyelamat dunia Tuhan kita Yesus Kristus
U : Alleluia

Bacaan Injil Luk.2;1-14
I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas
Sekali peristiwa, Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftar semua orang di seluruh dunia. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi walinegeri di Siria. Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing ke kota asalnya. Demikian juga Yusuf. Ia pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem – karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud – supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. Ketika mereka berada di Betlehem, tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung. Lalu dibungkusnya anak itu dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Di daerah itu, ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang Malaikat Tuhan di depan mereka sehingga mereka sangat ketakutan. Maka kata Malaikat itu kepada mereka, “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.” Dan tiba-tiba tampaklah bersama dengan Malaikat itu sejumlah besar bala tentara surga yang memuji Allah, katanya, “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi, dan damai sejahtera di bumi bagi orang yang berkenan kepada-Nya.”
Demikianlah sabda Tuhan
U : Terpujilah Kristus

Homili

Syahadat

Doa Umat:
I : Melalui Kristus Putra-Nya, Allah Bapa Mahakasih berkenan tinggal di antara kita. Dialah Sang Immanuel, tanda kasih sayang-Nya yang abadi bagi kita. Marilah kita memanjatkan doa-doa dengan perantaraan Yesus Kristus, PutraNya yang terbaring di Palungan, sambil berseru:
U : Tuhan datang di malam suram hingga malam jadi terang
L : Bagi Gereja. Ya Bapa, semoga iman akan kedatangan kerajaan-Mu di dalam diri Yesus Kristus semakin mendorong Gereja untuk selalu memperbaruhi diri, umat, dan masyarakat seturut kehendakMu. Marilah kita mohon…..
U : Tuhan datang di malam suram hingga malam jadi terang
L : Bagi Perdamain di antara umat manusia. Ya Bapa, semoga nyanyian para Malaikat pun menjadi nyanyian kami dalam perjuangan untuk selalu mewujudkan perdamain, keadilan, dan keselamatan bagi seluruh umat manusia. Marilah kita mohon …
U : Tuhan datang di malam suram hingga malam jadi terang
L : Bagi para penganggur, gelandangan, pengungsi, dan tawanan. Ya Bapa, semoga para penganggur, gelandangan, pengungsi, dan tawanan dapat menemukan pada diri kami segala sesuatu yang mereka butuhkan, tangan-tangan yang mau menolong dan terutama hati yang  penuh kasih. Marilah kita mohon……
U : Tuhan datang di malam suram hingga malam jadi terang
L : Bagi diri kita. Ya Bapa, dalam suasana kegembiraan perayaan Natal ini, kami mengingat dan berdoa supaya kami semakin mampu hidup bersahabat dengan semua orang, teristimewa mereka yang lemah, miskin, tersingkir dan menderita, agar kehadiranMu dipalungan memberikan kekuatan kepada mereka. Marilah kita mohon…..
U : Tuhan datang di malam suram hingga malam jadi terang
I : Allah Bapa Maha Pengasih dan penyayang, kami mohon pandanglah kami dengan kasih sayang-Mu agar kami semakin sadar bahwa Engkau beserta kami dan kami beserta Engkau, bahwa Engkau Allah kami dan kami umat-Mu, bahwa Engkau Bapa kami dan kami putra-putri-Mu. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.
U : Amin.

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan

Doa Atas Persembahan
I : Ya Allah Bapa kami, berkenanlah menerima persembahan yang kami unjukkan pada hari raya ini. Semoga oleh pertukaran yang amat suci kami menjadi serupa dengan Kristus, dan dalam Dia kami bersatu dengan Dikau.
U : Amin

DOA SYUKUR AGUNG

Prefasi Natal

Kudus

Anamnese
I : Marilah mewartakan misteri iman kita.
U : Setiap kali kami makan roti ini, dan minum dari piala ini, wafatMu Tuhan, kami wartakan hingga Engkau datang.

Bapa Kami

Doa Damai

Pemecahan Roti

Persiapan Komuni
I : Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.
U : Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Lagu Komuni

Doa Sesudah Komuni
I : Marilah berdoa:
Tuhan, kami bersyukur atas perayaan Natal ini karena Engkau telah hadir di tengah-tengah kami. Berkatilah kami agar dapat menghayati misteri Natal ini dengan cara menghadirkan Engkau di tengah keluarga, komunitas, dan di tengah masyarakat kami sambil mengharapkan kepenuhan Kerajaan-Mu yang abadi. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara Kami
U : Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman 

Berkat Meriah Natal
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Semoga Allah yang Mahabaik yang oleh penjelmaan Putra-Nya telah menghalau kegelapan dari dunia dan yang oleh kelahiran-Nya yang mulia telah menerangi malam (hari) yang amat suci ini, menghalau kegelapan dosa dari Saudara dan dengan cahaya kebajikan menerangi hati Saudara.
U : Amin
I : Semoga Dia, yang berkenan agar kegembiraan besar atas kelahiran-Nya yang menyelamatkan, diwartakan oleh Malaikat kepada para gembala, memenuhi hati Saudara dengan kegembiraan-Nya dan menjadikan Saudara sebagai pewarta-pewarta Injil-Nya.
U : Amin
I : Semoga Dia, yang menyatukan hal-hal duniawi dan surgawi melalui penjelmaan-Nya, memenuhi Saudara dengan anugerah kedamaian-Nya dan kehendak baik, serta membuat Saudara ikut ambil bagian dalam Gereja yang abadi.
U : Amin
I : Semoga berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa dan Putra (+) dan Roh Kudus, turun atas Saudara dan menetap senantiasa.
U : Amin

Pengutusan
I : Sudara-saudari, pergilah dalam damai, sambil memuliakan Tuhan dengan hidupmu.
U : Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup PS 460

Slamat, Slamat Datang
Slamat, slamat datang, Yesus Tuhanku!
Betapa dari jauh kunjunganMu!
Dari surga tinggi Dikau datang bagiku,
Walaupun sekarang tak tampak wujudMu
Ya Tuhanku!
Aku bergembira atas datangMu
Dan aku menyanyikan tembang merdu
Dikau dilahirkan pada malam yang kudus
Oleh dara murni yang sungguh mulia
Ya Tuhanku!
Para penggembala mendengar kabar
Sang Kristus sudah lahir di dunia
Lalu bergegas menuju kota Betlehem
Dan mereka lihat Sang Bayi Penebus
Ya Tuhanku!
Para majus datang untuk menyembah
Sang Bayi di palungan, Sang Penebus
Dari timur jauh datanglah ke Betlehem
Dan mempersembahkan mas, kemenyan, dan mur
Ya Tuhanku!

Untuk mendownload teks misa silahkan klik tombol dibawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Advertisements
Advertisements