TEKS MISA

Teks Misa Hari Natal 2023

Hari Raya Natal Siang
Tahun B
25 Desember 2023

Pengantar
L : Selamat  Natal.  Pada  Hari  Raya Natal ini, kita  merasa  sebagai satu keluarga besar. Kita bergembira merayakan kelahiran Tuhan Yesus. Anak-anak, remaja, dan orang tua menghaturkan sembah sujud di hadapan bayi Yesus yang dijaga dengan penuh kasih oleh ibu Maria dan bapa Yusuf. Seluruh alam pun memuji dengan sorak, “Gloria in excelcis Deo:”

Lagu Pembuka

Tanda Salib dan Salam 

Pengantar  

Tuhan Kasihanilah Kami

Madah Kemuliaan

Doa Kolekta
I : Marilah kita berdoa:
Ya Allah, Engkau telah memperlihatkan kebaikan dan kasih setia-Mu kepada kami dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu, Sang Sabda yang telah menjelma menjadi manusia dan tinggal di tengah-tengah kami. Semoga, kehadiran-Nya menjadi sumber kegembiraan dan berkat bagi semua orang di dunia ini. Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U : Amin.

Bacaan Pertama Yes. 52:7-10
L : Bacaan dari Kitab Yesaya:
O betapa indah kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan bentara yang mengabarkan berita damai dan mem­beritakan Kabar Baik; yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion, “Allahmu meraja!” Dengarlah suara orang-orang yang mengawal engkau: mereka bersorak-­sorai serempak. Sebab dengan mata kepala sendiri mereka melihat bagaimana Tuhan kembali ke Sion. Bergembiralah, bersorak-sorailah bersama-sama, hai reruntuhan Yerusalem! Sebab Tuhan telah menghibur umat-Nya. Ia telah menebus Yerusalem. Tuhan telah menunjukkan tangan-Nya yang kudus di depan mata semua bangsa; maka segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan  
Hendaklah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai di hadapan wajah Tuhan, kar’na la sudah datang.
Ayat:
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya, Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. la ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.

Bacaan Kedua Ibr. 1:1-6
L : Bacaan dari Surat Kepada Orang Ibrani:
Saudara-saudara, pada zaman dulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan para nabi. Tetapi, pada zaman akhir ini Allah telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya. Anak-Nya itulah yang ditetapkan-Nya sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dialah Allah menjadikan alam semesta, Dialah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah. Dialah yang menopang segala yang ada dengan Sabda-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah berhasil mengadakan penyucian dosa, la duduk di sebelah kanan Yang Maha-besar di tempat yang tinggi. la jauh lebih tinggi daripada para Malaikat sebagaimana nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah daripada nama mereka. Karena kepada siapakah di antara para Malaikat itu Allah pernah berkata, “Anak-Kulah Engkau! Pada hari ini Engkau telah Kuperanakkan.” Ataupun, “Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan la menjadi Anak-Ku.” Lagipula ketika mengantar Anak-Nya yang sulung ke dunia, Allah berkata, “Semua Malaikat Allah harus menyembah Dia.”
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil
S : Alleluya. 
U : Alleluya.
S : Hari ini cahaya gemilang turun ke dunia, dan fajar suci menyinari kita; marilah kita menyembah Tuhan, hai semua bangsa.               
U : Alleluya.

Bacaan Injil Yoh. 1:1-18
I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:
Pada awal mula adalah Firman. Firman itu ada bersama ­sama dengan Allah, dan Firman itu adalah Allah. Firman itu pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia, dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup, dan hidup itu adalah terang bagi manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan, tetapi kegelapan tidak menguasainya. Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes. la datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. la sendiri bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Terang itu telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya tetapi dunia tidak mengenal-Nya. la datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. Tetapi, semua orang yang menerima Dia diberi-Nya kuasa menjadi anak­-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya, orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih dan kebenaran. Tentang Dia Yohanes memberi kesaksian dan berseru, “Inilah Dia yang kumaksudkan ketika aku berkata: Sesudah aku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.” Karena dari kepenuhannya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; sebab Hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus. Tidak seorang pun pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
I : Demikialah Injil Tuhan
U : Terpujilah Kristus

Homili

Syahadat

Doa Umat
I : Allah Bapa berkenan tinggal di antara kita dan mengangkat kita sebagai putra dan putri-Nya yang terkasih. Marilah kita panjatkan doa-doa yang mengalir dari iman akan kasih-Nya yang teramat agung itu.
L : Marilah kita berdoa bagi Gereja. Ya Bapa, semoga iman akan kedatangan dan perutusan Yesus Kristus, Putra-Mu, memperbarui dan menyempurnakan Gereja­Mu dalam perjuangan mewartakan Kerajaan cinta kasih-Mu di tengah dunia. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan
L : Marilah kita berdoa bagi perdamaian di antara umat manusia. Ya Bapa, semoga kehadiran Putra-Mu di tengah-tengah kami menguatkan iman kami untuk terus berjuang dalam mencapai perdamaian, kebahagiaan, dan keadilan bagi seluruh umat manusia. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Marilah kita berdoa bagi orang-orang yang lemah, miskin dan tersingkir. Ya Bapa, semoga kelahiran Putra-Mu di gua Betlehem menguatkan iman dan harapan untuk membangkitkan semangat mereka yang lemah, miskin, dan tersingkir dalam perjuangan hidup mereka. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan
L : Marilah kita berdoa bagi kita semua. Ya Bapa, semoga perayaan Natal menggerakkan kami untuk semakin rela berbagi pengalaman hidup dan anugerah-Mu kepada mereka yang terbuang dan menderita. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan
I : Allah Bapa kami, hidup adalah suatu permohonan terus ­menerus akan karya penyempurnaan-Mu bagi kami. Dengar­kanlah doa putra dan putri-Mu, dan sempurna-kanlah hidup kami dalam diri Yesus Putra-Mu, Tuhan kami.
U : Amin.

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan

Doa Persiapan Persembahan
I : Ya Allah, sudilah menerima persembahan kami pada hari raya ini. Semoga oleh persembahan ini, kami didamaikan kembali sepenuhnya dengan Dikau dan ibadat kami kepada­Mu disempurnakan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U : Amin.

DOA SYUKUR AGUNG

Dialog Pembuka
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.
U : Sudah kami arahkan.
I : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
U : Sudah layak dan sepantasnya.

Prefasi Natal

Kudus

Anamnese

Bapa Kami

Doa Damai
I : Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu; dan berilah kami damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U : Amin
I : Semoga damai Tuhan selalu bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Pemecahan Roti

Persiapan Komuni
I : Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.
U : Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Antifon Komuni
Segala ujung Bumi menyaksiakan keselamatan yang daru Allah kita

Doa sesudah Komuni
I : Marilah kita berdoa:
Allah Yang Maha Penyayang, hari ini sudah lahir Juru Selamat dunia. Semoga Dia, yang telah menjadikan kami anak-anak Allah, juga memberi kami hidup abadi. Sebab Dialah Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U : Amin.

PENGUMUMAN

BERKAT MERIAH

PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP

Untuk mendownload teks misa silahkan klik tombol dibawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Advertisements
Advertisements