TEKS MISA

Teks Misa Minggu Prapaskah 1

HARI MINGGU PRAPASKAH 1
Tahun B ( U )
18 Februari 2024

Pengantar
I : Setiap tahun kita diajak mempersiapkan diri menjelang Hari Raya Paskah. Masa Prapaskah ini jangan hanya menjadi masa tenang selama enam minggu, namun menjadi masa pengenalan kembali dengan tajam akan ketaatan kita mengikuti Yesus. Tanda paling jelas bahwa kita ikut Yesus adalah pembaptisan kita. Selama masa prapaskah ini setiap orang yang dibaptis diajak untuk sungguh meneladan Yesus yang setia pada kehendak Bapa-Nya.  Memilih hidup yang lebih baik dan selaras dengan Allah daripada memilih tindakan berdosa (egoisme) dan berarti maut. Minggu pertama Prapaskah ini kita  diingatkan pentingnya rahmat pembaptisan yang sudah kita terima dan  kita hidupi.

RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka

Antifon Pembuka
Ia akan memanggilKu dan Aku akan mendengarkan dia. Aku akan meluputkan dan memuliakannya. Dengan umur panjang akan Kupenuhi dia.

Tanda Salib dan Salam
I : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Tobat
I : Saudara-saudari, marilah kita mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.
U : Saya mengaku…
I : Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U : Amin

Tuhan Kasihanilah Kami

Doa Kolekta:
I : Marilah berdoa
Allah Bapa Yang Mahakuasa, ajarilah kami untuk menghayati panggilan kami sebagai pengikut Kristus yang sejati. Semoga kami tidak hanya hidup karena makanan jasmani saja tetapi juga karena Sabda yang Kauberikan kepada kami, melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U : Amin

LITURGI SABDA

Bacaan Pertama Kej. 9:8-15
L : Bacaan dari Kitab Kejadian:
Sesudah air bah berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anak Nuh yang bersama-sama dengan dia, “Camkanlah, Aku mengadakan perjanjian dengan kamu dan keturunanmu, dan dengan segala makhluk hidup yang ada besertamu, yakni burung-burung, ternak dan binatang-­binatang liar di bumi, segala yang keluar dari bahteramu, segala binatang di bumi. Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak kini segala yang hidup takkan dilenyapkan oleh air bah lagi dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.” Dan Allah berfirman, “Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk hidup yang ada sertamu turun-temurun untuk selama-lamanya: Busur-Ku akan Ku­tempatkan di awan sebagai tanda perjanjian antara Aku dan bumi. Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan busur itu tampak di awan, maka aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah Kuadakan dengan kamu dan dengan segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa, sehingga segenap air tidak lagi menjadi air bah untuk memusnahkan segala yang hidup.”
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan  
Segala jalanMu ya Tuhan, adalah kasih setia dan kebenaran.
Ayat:
1. Beritahukanlah jalan-jalanMu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah lorong-lorong-Mu kepada-ku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan daku
2. Ingatlah segala rahmat dan kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala.Tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya Tuhan.

Bacaan Kedua 1Ptr. 3:18-22
L : Bacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus:
Saudara-saudara terkasih, Kristus telah mati satu kali untuk segala dosa kita. la yang benar telah mati untuk orang-orang yang tidak benar, supaya la membawa kita kepada Allah; la telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh, dan di dalam Roh itu juga la pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, yaitu roh-roh mereka yang pada masa Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiap-kan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan dari air bah itu. Air itu melambangkan pembaptisan yang kini menyelamatkan kamu, bukan dengan membersihkan kenajisan jasmani, melainkan dengan memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah berkat kebangkitan Yesus Kristus, yang telah naik ke surga dan kini duduk di sebelah kanan Allah, setelah la menaklukkan segala malaikat, kuasa dan kekuatan kepadanya.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil                
S : Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
U : Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
S : Manusia hidup bukan saja dari roti. Tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah
U : Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.

Bacaan Injil Mrk. 1:12-15
I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:
Sekali peristiwa Roh memimpin Yesus ke padang gurun. Di padang gurun itu la tinggal empat puluh hari lamanya, dan dicobai oleh Iblis. Yesus berada di sana di antara binatang­-binatang liar, dan malaikat-malaikat melayani Dia. Sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap, datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah. Yesus mem-beritakan, “Waktunya telah genap. Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil.”
Demikianlah Injil Tuhan.
U : Terpujilah Kristus.

Homili

Syahadat

Doa Umat
I : Yesus memberitakan, “Waktunya  telah genap. Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil.” Marilah kita panjatkan doa kepada Bapa di surga, yang   telah memanggil kita untuk beriman dan bertobat.
L : Bagi Umat Allah: Ya Bapa, perkenankanlah umat-Mu terus berkembang dalam persatuan dan cinta kasih. Semoga kami semakin siap sedia untuk menerima kerajaan-Mu demi keselamatan kami. Kami mohon:
U : Kabulkanalah doa kami, ya Tuhan
L : Bagi semua orang yang telah menjatuhkan pilihannya pada Kristus: Bapa, dampingilah mereka yang telah memilih Putra-Mu agar tetap setia pada pilihannya dan tidak mudah goyah oleh kenyamanan akan hal-hal duniawi. Semoga kami semakin setia dalam mengikuti jalan salib Kristus, Sang Kebenaran Sejati. Kami mohon:
U : Kabulkanalah doa kami, ya Tuhan
L : Bagi para penderita: Bapa, hiburlah dan teguhkanlah harapan orang-orang yang sedang menderita. Semoga melalui penderitaan yang mereka alami, mereka semakin memahami keagungan cinta kasih-Mu. Kami mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan
L : Bagi kita semua di sini: Bapa, dampingilah kami agar berkat doa dan Ekaristi dalam minggu ini kami lebih menghayati hidup kami sebagai pengikut Kristus. Teguhkanlah iman, pengharapan dan kasih kami akan Kristus, yang telah berbagi hidup dengan keselamatan kami. Kami mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan
I : Allah Bapa kami di surga, Engkau berkenan mencurahkan kasih dan menunjukkan jalan kepada para pendosa. Engkau juga mengajarkan segala sesuatu yang harus dilakukan oleh kaum sederhana. Kami mohon, berilah kami kerendahan hati dan kesadaran untuk selalu bertobat. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
U : Amin.

LITURGI EKARISTI

Lg. Persiapan Persembahan :

Doa Persiapan Persembahan
I : Ya Allah, berkat kemurahan-Mu, kami telah menerima hasil bumi yang kini kami persembahkan kembali kepada-Mu. Semoga, roti dan anggur ini menjadi rejeki kehidupan bagi kami, yaitu Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami.
U : Amin

DOA SYUKUR AGUNG

Dialog Pembuka
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.
U : Sudah kami arahkan.
I : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
U : Sudah layak dan sepantasnya.

Prefasi Tuhan Dicobai
I : Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga, kami senantiasa bersyukur kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
Sebab selama empat puluh hari dengan berpantang dari makanan sehari-hari la menyucikan bentuk pertobatan ini dengan puasa; dengan menghindarkan segala tipu daya si ular tua, la telah mengajar kami menaklukkan ragi kejahatan, supaya sambil merayakan misteri Paskah ini dengan hati yang pantas kami akhirnya beralih ke Paskah abadi.
Maka bersama himpunan para Malaikat dan Orang Kudus kami melambungkan madah pujian bagi-Mu dengan tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:

Kudus

Anamnese
I : Marilah mewartakan misteri iman kita.
U : Setiap kali kami makan roti ini, dan minum dari piala ini, wafatMu Tuhan, kami wartakan hingga Engkau datang.

Bapa Kami

Doa Damai
I : Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu; dan berilah kami damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U : Amin
I : Semoga damai Tuhan selalu bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Pemecahan Roti

Persiapan Komuni
I : Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.
U : Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Lagu Komuni

Antifon Komuni
Manusia hidup bukan dari makanan saja, melainkan juga dari setiap Sabda Allah

Doa Sesudah Komuni
I : Marilah berdoa:
Allah Bapa sumber kehidupan, kami bersyukur atas rejeki surgawi yang telah kami santap. Kami mohon, jadikanlah kami putra-putri-Mu, yang hidup berkat Sabda dan Roh Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami.
U : Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman 

Berkat dan Pengutusan
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati saudara sekalian, Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Saudara-saudari, pergilah, misa sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup

Untuk mendownload teks misa silahkan klik tombol dibawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Dapatkan Informasi secara update, cepat, dan resmi dengan bergabung ke Whatsapp Channel “Gereja Santo Yusup Ambarawa”, caranya klik link s.id/WAChannel kemudian ikuti / follow.
Mari bergabung di Channel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements