TEKS MISA

Teks Misa Minggu Biasa 5

HARI MINGGU BIASA 5
Tahun B (H)
4 Februari 2024

Pengantar
I : Tidak bisa diingkari bahwa penderitaan melekat dalam hidup kita. Tidak sedikit orang yang hidupnya sungguh dipenuhi dengan beban-beban penderitaan. Penderitaan karena bencana alam, kemiskinan, kelaparan, atau karena tidak mempunyai kesempatan bekerja sehingga hidup dengan tidak layak. Pada masa kini, dengan semakin kuatnya budaya kekerasan dalam berbagai bentuk, penderitaan semakin banyak ditemukan di setiap aspek kehidupan. Di manakah kehadiran Gereja, kita semua ini? Mampukah Gereja hadir sebagai teman dalam kegetiran bagi mereka yang sedang dalam penderitaan? Bisakah Gereja menyalurkan berkat yang menguatkan mereka?   Inilah kesempatan Gereja mewartakan Injil.

RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka

Antifon Pembuka
Marilah kita bersujud dan menyembah, berlutut di hadapan Tuhan, yang menjadikan kita, sebab Dialah, Allah kita

Tanda Salib dan Salam
I : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Tobat
I : Saudara-saudari, marilah kita mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.
U : Saya mengaku…
I : Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U : Amin

Tuhan Kasihanilah Kami

Madah Kemuliaan

Doa Kolekta:
I : Marilah berdoa
Allah yang penuh belas kasih, Engkau telah mengutus Yesus Kristus, Putra-Mu untuk mewartakan Kabar Gembira kepada dunia. Semoga, kami menerima kehadiran-Nya dengan penuh sukacita seraya mengambil bagian mewartakan Injil-Nya. Sebab, Dialah Tuhan dan Peng-antara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, sepanjang masa.
U : Amin

LITURGI SABDA

Bacaan Pertama Ayb. 7:1-4.6-7
L : Bacaan dari Kitab Ayub:
Di dalam keprihatinannya Ayub berbicara kepada sahabatnya, “Bukankah manusia harus bergumul di bumi, dan hari-­harinya seperti hari-hari orang upahan? Seperti seorang budak yang merindukan naungan, seperti orang upahan yang menanti-nantikan upahnya, demikianlah aku diberi bulan-bulan yang sia-sia, dan kepadaku ditentukan malam­-malam yang penuh kesusahan. Bila aku pergi tidur, maka yang kupikirkan, ‘Bilakah aku akan bangun’. Tetapi malam merentang panjang, dan aku dicekam oleh kegelisahan sampai dinihari. Hari-hariku berlalu lebih cepat daripada torak, dan berakhir tanpa harapan. Ingatlah, bahwa hidupku hanya hembusan napas. Mataku  tidak akan lagi melihat yang baik.”
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm. 147:1-2.3-4.5-6;
Pujilah Tuhan, yang menyembuhkan orang-orang yang patah hati.
Ayat:
1. Sungguh, bermazmurlah bagi Allah kita itu baik, bahkan indah, dan layaklah memuji-muji Dia, Tuhan membangun Yerusalem. Ia menghimpun orang-orang Israel yang tercerai-­berai.
2. la menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka; la menentukan jumlah bintang-bintang masing-masing dipanggil dengan menyebut namanya.

Bacaan Kedua 1Kor. 9:16-19.22-23
L : Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:
Saudara-saudara, memberitakan Injil bukanlah suatu alasan bagiku untuk memegahkan diri. Sebab hal itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku jika tidak memberitakan Injil. Andaikata aku melakukannya menurut kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan menurut kehendakku sendiri, maka pemberitaan itu adalah tugas penyelenggaraan yang ditanggungkan kepadaku. Kalau demikian apakah upahku. Upahku ialah bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil. Sebab sekalipun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku dapat memenangkan sebanyak mungkin orang. Bagi orang-orang lemah aku menjadi seperti orang lemah supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku menjadi segala-galanya, supaya sedapat mungkin aku memenangkan beberapa orang dari antara mereka. Segala-galanya itu aku lakukan demi Injil, supaya aku mendapat bagian di dalamnya.
Demikianlah Sabda
U : Tuhan. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil Mat. 8:17
S : Alleluya.
U : Alleluya.
S : Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.
U : Alleluya.

Bacaan Injil Mrk. 1:29-39
I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:
Sekeluarnya dari rumah ibadat di Kapernaum, Yesus dengan Yakobus dan Yohanes pergi ke rumah Simon dan Andreas. Ibu mertua Simon terbaring karena sakit demam. Mereka segera memberitahukan keadaannya kepada Yesus. Yesus pergi ke tempat perempuan itu dan sambil memegang tangannya Yesus membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya. Kemudian perempuan itu melayani mereka. Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan. Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu. la menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; la tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia. Keesokan harinya, waktu hari masih gelap, Yesus bangun dan pergi ke luar. la pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Yesus. Waktu menemukan Yesus, mereka berkata, “Semua orang mencari Engkau.” Jawab Yesus, “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan supaya di sana juga Aku memberitakan Injil karena untuk itu Aku telah datang.” Lalu pergilah Yesus ke seluruh Galilea, memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Terpujilah Kristus.

Homili

Syahadat

Doa Umat
I : Kristus datang ke dunia untuk mewartakan Kerajaan Allah demi keselamatan kita. Menyadari kebaikan hati Allah yang telah berkenan memanggil kita untuk tinggal dalam kerajaan-Nya, marilah kita panjatkan doa-doa kepada Allah Bapa kita.
L : Bagi Bapa Suci, para Uskup, para Imam, Misionaris, dan Rasul awam. Bapa, teguhkanlah kiranya iman Bapa Suci, para Uskup, para Imam, Misionaris, dan Rasul awam agar mereka selalu bersedia meninggalkan segala-galanya demi pewartaan kasih-Mu dan penyelamatan jiwa-jiwa. Kami mohon …
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Bagi para pejabat pemerintahan. Bapa, dampingilah para pejabat pemerintahan, agar dengan tekun dan ulet memperjuangkan damai sejahtera bagi rakyat. Kami mohon …
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Bagi para penderita sakit yang tak dapat sembuh. Bapa, dampingilah dan teguhkanlah harapan para penderita sakit yang tak dapat sembuh agar mereka tidak merasa berjalan sendirian dan tetap bertekun menjalani hidup mereka dengan penuh makna. Kami mohon …
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Bagi kita sekalian. Bapa, teguhkanlah iman kami dan mantapkanlah harapan kami agar tetap tekun dan setia kepada-Mu meski sering kali mengalami kegagalan dan kesusahan. Kami mohon …
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
I : Allah Bapa Mahabaik, Engkau mengenal kami satu persatu dan memahami segala persoalan kami. Bantulah kami yang berdoa dengan mantap kepada-Mu dengan peng-antaraan Kristus,  Tuhan kami.
U : Amin.

LITURGI EKARISTI

Lg. Persiapan Persembahan :

Doa Persiapan Persembahan
I : Allah Bapa Yang Mahakudus, terimalah persembahan kami ini sebagai tanda kesediaan kami untuk ikut serta mewartakan Injil Putra-Mu. Dialah Tuhan dan Pengantara kami, kini dan sepanjang masa.
U : Amin

DOA SYUKUR AGUNG

Dialog Pembuka
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.
U : Sudah kami arahkan.
I : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
U : Sudah layak dan sepantasnya.

Prefasi

Kudus

Anamnese
I : Marilah mewartakan misteri iman kita.
U : Setiap kali kami makan roti ini, dan minum dari piala ini, wafatMu Tuhan, kami wartakan hingga Engkau datang.

Bapa Kami

Doa Damai
I : Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu; dan berilah kami damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U : Amin
I : Semoga damai Tuhan selalu bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Pemecahan Roti

Persiapan Komuni
I : Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.
U : Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Lagu Komuni

Doa Sesudah Komuni
I : Marilah berdoa:
Ya Allah, kami bersyukur karena Kauperkenankan untuk menyambut tubuh Putra-Mu. Semoga, kami dikuatkan untuk melaksanakan tugas perutusan kami, yakni ikut serta mewujudkan Kabar Gembira keselamatan-Mu di tengah masyarakat sampai kami mengalaminya secara penuh di surga. Demi Kristus, Tuhan kami.
U : Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman 

Berkat dan Pengutusan
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati saudara sekalian, Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Saudara-saudari, pergilah, misa sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup

Untuk mendownload teks misa silahkan klik tombol dibawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Dapatkan Informasi secara update, cepat, dan resmi dengan bergabung ke Whatsapp Channel “Gereja Santo Yusup Ambarawa”, caranya klik link s.id/WAChannel kemudian ikuti / follow.
Mari bergabung di Channel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Advertisements
Advertisements