TEKS MISA

Teks Misa Minggu Paskah 5

NOVENA KEBANGSAAN I:
“GEREJA DI TENGAH DUNIA”
HARI MINGGU PASKAH V
Tahun Litugi A ( P )
7 MEI  2023

Pengantar
I : Rama Vikep Semarang memberikan pengarahan berkaitan dengan garapan Kebangsaan tahun 2023 khususnya di Kevikepan Semarang yang juga berkaitan dengan roadmap garapan Arah Dasar Keuskupan Agung VIII dan konteks politik kebangsaan Indonesia menjelang pemilu presiden-wakil presiden, pemilihan legislatatif dan DPD tahun 2024. Berkaitan dengan itu, Komisi Liturgi Kevikepan Semarang mengajak semua Paroki mengadakan Ekaristi Novena Kebangsaan setiap Minggu pertama mulai bulan Mei 2023 sampai dengan Januari 2024. Ekaristi Novena ini sebagai usaha mengintegrasikan Perayaan Ekaristi yang adalah Sumber dan Puncak seluruh hidup Kristiani (LG 11, bdk SC 10) dengan panggilan kita sebagai bagian dari anak bangsa tercinta ini.

RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka PS.

Antifon Pembuka Bdk. Mzm. 98:1-2
Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; Ia telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa, alleluya.

Tanda Salib dan Salam
I : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Tobat ( Percikan )

Madah Kemuliaan

Doa Kolekta:
I : Marilah kita berdoa. (hening sejenak)
Allah Yang Maha Kuasa, dan Kekal, Engkau berkenan membarui kami dengan pembaptisan kudus. Sempurnakanlah selalu sakramen Paskah dalam diri kami, khususnya dalam menghidupi panggilan kami sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Untuk itu, kami akan mengawali Novena Kebangsaan ini. Semoga Engkau selalu menuntun kami, sehingga kehadiran Gereja-Mu di tengah dunia, memberi terang bagi semua orang, untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U : Amin

Bacaan Pertama Kis. 6:1-7
L : Bacaan dari Kisah Para Rasul:
Di kalangan jemaat di Yerusalem, ketika jumlah murid semakin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-­orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani karena dalam pelayanan sehari-hari pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan. Berhubung dengan itu kedua belas rasul memanggil semua murid berkumpul dan berkata, “Kami tidak merasa puas karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja. Karena itu, Saudara-­saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik dan penuh dengan Roh dan hikmat supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu sehingga kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman.” Usul itu diterima baik oleh   semua jemaat. Lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas, dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia. Mereka itu dihadapkan kepada para rasul; lalu para rasul pun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka. Firman Allah semakin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem semakin bertambah banyak, juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Kasih setiaMu, ya Tuhan, kiranya menyertai kami seperti kami berharap kepadaMu
Ayat :
1. Bersorak-sorailah dalam Tuhan, hai orang-orang benar! Sebab memuji-muji itu layak bagi orang jujur. Bersyukur kepada Tuhan dengan kecapi, bermazmurlah dengan gambus sepuluh tali.
2. Sebab Firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakan­Nya dengan kesetiaan. Ia senang pada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia-Nya.

Bacaan Kedua 1 Ptr. 2:4-9
L : Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus:
Saudara-saudara terkasih, datanglah kepada Kristus, batu yang hidup, yang dibuang oleh manusia, tetapi dipilih dan dihormati di hadirat Allah. Biarlah kamu pun dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, yang berkenan kepada Allah karena Yesus Kristus. Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: “Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu yang mahal, dan siapa yang percaya kepadanya tidak akan dipermalukan.” Karena itu, bagi kamu yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya, “Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru; juga telah menjadi batu sentuhan dan batu sandungan.” Mereka tersandung padanya karena mereka tidak taat kepada Firman Allah; dan memang sudah ditentukan untuk itu. Tetapi, kamulah bangsa yang terpilih, kaum Imam yang rajawi, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri. Maka, kamu harus memaklumkan perbuatan-perbuatan agung Allah. la telah memanggil kamu keluar dari kegelapan masuk ke dalam terang-Nya yang menakjubkan.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Alleluya Yoh. 10:6
S : Alleluya.
U : Alleluya.
S : Akulah jalan, kebenaran dan hidup, sabda Tuhan. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
U : Alleluya.

Bacaan Injil Yoh. 14:1-12
I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:
Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa­Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke sana untuk menyediakan tempat bagimu. Dan, apabila Aku telah pergi ke sana dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan dating kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke sana.” Kata Tomas kepada-Nya, “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke sana?” Kata Yesus kepadanya, “Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini, kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada-Nya, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama engkau, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa, bagaimana engkau berkata:  Tunjukkanlah Bapa kepada kami. Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa.
Demikianlah sabda Tuhan.
U : Terpujilah Kristus.

Homili

Syahadat

Doa Umat
I : Kristuslah jalan, kebenaran, dan hidup kita. Marilah kita berdoa kepada Bapa di surga agar kita selalu terarah kepada Kristus dan mampu menunjukkan jalan keselamatan itu kepada sesama kita.
L : Bagi Paus, para Uskup, para Imam, dan semua saja yang mempunyai tugas pelayanan dalam Gereja. Ya Bapa,   Semoga kebenaran Sabda-Mu tampak dalam diri para pemimpin Gereja-Mu, Semoga mereka sungguh mampu menuntun kami menuju jalan, kebenaran dan hidup kami yakni Kristus Putra-Mu. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Bagi para pejabat pemerintahan. Ya Bapa, semoga para pejabat pemerintahan merintis jalan bagi rakyat untuk mencapai keadilan, perdamaian, dan kerukunan. Semoga kami semua beroleh keselamat-an yang telah Kaujanjikan di dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Bagi saudara-saudari kita yang lapar dan sebatang kara, yang miskin, dan hina dina. Ya Bapa, semoga dalam hidup saudara-saudari kami yang kurang beruntung itu, martabat serta harapan dipulihkan karena usaha kami bagi mereka. Dan kami pun senantiasa giat berjuang untuk berbagi hidup bagi keselamatan dan kesejahteraan sesama kami, khususnya bagi mereka yang menderita dan tak berdaya. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Bagi umat kristiani yang berkumpul di tempat ini atau dimana saja. Ya Bapa, semoga kami semua menyadari panggilan untuk saling membahagiakan. Dan, semoga panggilan itu tetap kami yakini dan kami ikuti walaupun mendapat pengalaman-pengalaman yang mengecewakan. Kami Mohon:
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
L : Bagi para krismawan yang baru saja dikuatkan dengan karunia Roh Kudus:  Semoga mereka berakar dalam iman, berkanjang dalam cinta kasih, dan memberi kesaksian tentang Kristus Tuhan dalam hidup sehari-hari. Marilah kita mohon …
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
I : Allah, Bapa kami, tinggallah beserta kami oleh Putra-Mu dan semoga Putra-Mu menjadi jalan, kebenaran dan hidup bagi kami semua, sekarang dan selama-lamanya.
U : Amin.

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan:

Doa Atas Persembahan
I : Ya Allah, Putra-Mu menjadi manusia dan mengurbankan diri-Nya supaya kami mendapat bagian dalam keilahian­Mu yang mulia. Kami mohon, semoga berkat pertukaran agung ini kami memahami kebenaran yang Engkau ajarkan dan mengamalkannya dalam perilaku yang pantas. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U : Amin

DOA SYUKUR AGUNG

Dialog Pembuka
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.
U : Sudah kami arahkan.
I : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
U : Sudah layak dan sepantasnya.

Prefasi Paskah

Kudus

Anamnese
I : Marilah mewartakan misteri iman kita.
U : Setiap kali kami makan roti ini, dan minum dari piala ini, wafatMu Tuhan, kami wartakan hingga Engkau datang.

Bapa Kami

Doa Damai
I : Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu; dan berilah kami damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U : Amin
I : Semoga damai Tuhan selalu bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Pemecahan Roti

Persiapan Komuni
I : Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.
U : Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Lagu Komuni PS:

Doa Novena KebangsaanKevikepan Semarang
(Dalam Misa Novena, didoakan setelah Doa Sesudah Komuni)

L : Allah Bapa yang penuh kasih, Kami umat Katolik Kevikepan Semarang mengucap syukur kepadaMu, telah Kau gabungkan sebagai warga Propinsi Jawa Tengah  yang terus bertumbuh sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia; Kami bersyukur atas bumi Indonesia dengan kekayaan alam, wisata juga berbagai potensi daerah penopang sosio-perekonomian kami.
U : Sebagai umat Katolik, yang percaya kepada Yesus Putera-Mu dan berpegang pada Ajaran Gereja, Kebijakan Keuskupan Agung Semarang, serta visi untuk membangun peradaban kasih, semoga kami dapat terlibat aktif mengusahakan masyarakat Indonesia  yang sejahtera, bermartabat dan beriman;
L : Di tengah masyarakat yang majemuk, ber-Bhineka Tunggal Ika dan berlandaskan Pancasila, doronglah kami untuk mengembangkan cinta persaudaraan antar seluruh umat manusia, hadir, terlibat aktif dalam aneka macam kegiatan lintas iman serta bekerja sama dengan semua pihak untuk menegakkan sendi-sendi kebangsaan.
U : Akhirnya di tengah tantangan dan perkembangan zaman yang ada ini, terutama di masa perjalanan menuju pemilu 2024, bimbinglah kami agar bisa terlibat aktif menyumbangkan pikiran, tenaga dan seluruh diri kami untuk membangun demokrasi yang bermartabat dan demi terlaksananya pemilu yang menghasilkan para pemimpin yang berintegritas dan bekerja keras demi persatuan dan kemajuan Indonesia.
L & U : Bersama Bunda Maria Bunda kami, sertailah kami dalam peziarahan dan perjuangan kami sebagai Manusia Katolik, Manusia Indonesia, Manusia Pancasila! Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin

Doa Sesudah Komuni 
I : Marilah berdoa:
Ya Allah, Engkau telah menyegarkan umat-Mu dengan misteri surgawi. Kami mohon, buatlah kami beralih dari hidup lama ke hidup yang baru. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U : Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman 

Berkat dan Pengutusan
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati saudara sekalian, Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Saudara-saudari, pergilah, misa sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup PS :

Untuk mendownload teks misa silahkan klik tombol dibawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.