TEKS MISA

Teks Misa Minggu Biasa 4

HARI MINGGU BIASA IV
Tahun Litugi A ( H )
29 Januari 2023

Pengantar
I : Di tengah kecenderungan masyarakat yang menampilkan kekerasan, kebencian, dan dendam, kita semua sebagai Gereja diajak untuk membangun sikap yang sebaliknya: lemah lembut, bersahabat, dan pengampun. Di tengah arus kuat zaman modern yang sangat diwarnai pemenuhan kebutuhan jasmani, kita diajak untuk membuat keseimbangan terhadap hidup rohani. Di tengah orang yang berlomba menumpuk kekayaan materi, kita diajak untuk tetap bijak dan punya keutamaan dalam menggunakan harta duniawi, serta mampu berbagi kepada saudara yang membutuhkan. Itulah yang berkenan di hadapan Allah. Semoga Ekaristi hari ini meneguhkan keutamaan itu semakin tumbuh dan kuat dalam hidup kita semua.

RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka PS. 326

Antifon Pembuka Mzm. 106: 47
“Selamatkanlah kami, ya Tuhan Allah kami, dan kumpulkanlah kami dari antara bangsa-bangsa supaya kami bersyukur kepada nama-Mu yang kudus dan bermegah-megah dalam puji-pujian kepada-Mu.”

Tanda Salib dan Salam
I : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Tobat
I : Saudara-saudari, marilah kita mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.
U : Saya mengaku…
I : Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U : Amin

Tuhan Kasihanilah Kami

Madah Kemuliaan

Doa Kolekta:

I : Marilah kita berdoa. (hening sejenak)
Tuhan, Allah kami, perkenankanlah kami menghormati Engkau dengan segenap akal budi dan mencintai  semua manusia dengan kasih sejati. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa
U : Amin

Bacaan Pertama Zef 2:3; 3:12-13
L : Bacaan dari Nubuat Zefanya:
“Carilah Tuhan, hai semua orang yang rendah hati di negeri, hai semua yang melakukan hukum-Nya; carilah ke-adilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan Tuhan.” Dan Allah berfirman, “Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, yang akan mencari perlindungan pada nama Tuhan. Mereka itulah sisa Israel. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong. Dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu. Sebaliknya mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring tanpa ada yang mengganggunya.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan  
Berbahagia orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya kerajaan Surga
Ayat:
1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Dialah yang menegakkan keadilan bagi orang diperas, dan memberi roti kepada orang-orang yang lapar, Tuhan membebaskan orang-orang yang terkurung.
2. Tuhan membuka mata orang buta, Tuhan menegakkan orang yang tertunduk, Tuhan mengasihi orang-orang benar. Tuhan menjaga orang-orang asing

Bacaan Kedua 1Kor. 1:26-31
L : Bacaan diri Surat Pertarna Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:
Saudara-saudara, coba ingatlah bagaimana keadaanmu ketika dipanggil. Menurut ukuran manusia tidak banyak di antara kamu yang bijak, tidak banyak yang berpengaruh, tidak banyak yang terpandang. Namun apa yang bodoh di mata dunia dipilih Allah untuk mempermalukan orang­orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang lemah bagi dunia dipilih Allah untuk mempermalukan yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan hina bagi dunia, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah. Tetapi Allah telah membuat kamu berada dalam Kristus Yesus, dan oleh Dia Kristus telah menjadi hikmat bagi kita. Dialah yang membenarkan, menguduskan, dan menebus kita. Maka, sebagaimana tertulis dalam Kitab Suci, “Barang­siapa bermegah, hendaklah ia bermegah dalam Tuhan.”
Demikianlah Sabda Tuhan.
U : Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil Mat. 5:12a
S : Alleluya.
U : Alleluya.
S : Bersukacita dan bergembiralah karena besarlah ganjaranmu di surga.
U : Alleluya.

Bacaan Injil Mat. 5:1-12a
I : lnilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:
Sekali peristiwa, ketika melihat orang banyak itu, naiklah Yesus ke atas bukit. Setelah Ia duduk, datanglah murid­murid-Nya kepada-Nya. Lalu Yesus pun mulai berbicara dan menyampaikan ajaran ini kepada mereka, “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang mem­bawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya karena kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah kamu, jika demi Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, sebab besarlah ganjaranmu di surga.”
Demikianlah sabda Tuhan
U : Terpujilah Kristus

Homili

Syahadat

Doa Umat
I : Kristus mengajak kita untuk selalu bersukacita dan berbahagia sebagai putra-putri Allah Bapa Yang Mahakasih. Marilah kita panjatkan doa kita kepada Bapa,   sumber kebahagiaan sejati kita sambil berseru: Tinggalah bersama kami, umat-Mu, ya Tuhan.
L : Bagi para pemimpin Gereja. Semoga para pemimpin Gereja menunaikan tugas pelayanan mereka dengan rendah hati seturut teladan Kristus, yang datang untuk melayani, dan bukan untuk dilayani. Marilah kita mohon …
U : Tinggalah bersama kami, umat-Mu, ya Tuhan.
L : Bagi orang tua kaum remaja. Semoga para orang tua kaum remaja selalu sabar dan tekun dalam membimbing anak-anaknya ke arah kedewasaan seturut kehendak Allah. Marilah kita mohon …
U : Tinggalah bersama kami, umat-Mu, ya Tuhan.
L : Bagi orang-orang yang menderita. Semoga orang-orang yang menderita selalu teguh dalam iman, harapan, dan kasih berkat Sabda kasih Allah sendiri yang mengalir melalui kebaikan hati sesamanya. Marilah kita mohon …
U : Tinggalah bersama kami, umat-Mu, ya Tuhan.
L : Bagi kita sendiri. Semoga kabar sukacita Injil senantiasa membimbing dan meneguhkan kita dalam menghayati semangat Kristus di tengah masyarakat. Marilah kita mohon …
U : Tinggalah bersama kami, umat-Mu, ya Tuhan.
I : Ya Bapa Yang Mahabaik, dengarkanlah doa-doa kami. Berilah agar kami senantiasa bersemangat miskin dan rendah hati demi keselamatan sesama seturut teladan Yesus Kristus, Putra-Mu dan Pengantara kami.
U : Amin

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan: PS: 376

Doa Atas Persembahan
I : Ya Allah, kami, hamba-hamba-Mu, membawa persembahan ke atas altar-Mu ini. Semoga Engkau menerimanya dengan rela dan mengubahnya menjadi sakramen keselamatan kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U : Amin

DOA SYUKUR AGUNG

Dialog Pembuka
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.
U : Sudah kami arahkan.
I : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
U : Sudah layak dan sepantasnya.

Prefasi 

Kudus

Anamnese
I : Marilah mewartakan misteri iman kita.
U : Setiap kali kami makan roti ini, dan minum dari piala ini, wafatMu Tuhan, kami wartakan hingga Engkau datang.

Bapa Kami

Doa Damai
I : Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu; dan berilah kami damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U : Amin
I : Semoga damai Tuhan selalu bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.

Pemecahan Roti

Persiapan Komuni
I : Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke Perjamuan Anak Domba.
U : Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Lagu Komuni PS: 675, 684

DOA SINODE
Adsumus Sanctae Spiritus

L : Kami berdiri di hadapan-Mu, ya Roh Kudus, pada saat kami berkumpul di dalam nama-Mu. Bersama-Mu sendiri yang membimbing kami, membuat diri-Mu nyaman berdiam di hati kami. Ajarilah kami jalan yang harus kami tempuh, dan bagaimana kami harus mengikuti jalan itu.
U : Kami lemah dan berdosa, jangan biarkan kami mendukung kekacauan. Jangan biarkan kebodohan menuntun kami ke jalan yang salah. Jangan pula keberpihakan mempengaruhi tindakan-tindakan kami.
L : Kiranya kami menemukan di dalam Engkau kesatuan kami, agar kami boleh berjalan bersama menuju kehidupan abadi dan tidak menyimpang dari jalan kebenaran dan apa yang benar.
U : Semua ini kami mohon kepada-Mu, yang berkarya di setiap tempat dan waktu, dalam persekutuan dengan Bapa dan Putra, untuk selama-lamanya. Amin

Doa Sesudah Komuni
I : Marilah berdoa:
Ya Allah, Engkau telah menghidupkan kami dengan anugerah penebusan. Semoga berkat bantuan keselamatan abadi ini bertumbuhlah selalu iman kami yang sejati. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U : Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman 

Berkat dan Pengutusan
I : Tuhan bersamamu.
U : Dan bersama rohmu.
I : Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati saudara sekalian, Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
I : Saudara-saudari, pergilah, misa sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.

Lagu Penutup PS : 696

Untuk mendownload teks misa silahkan klik tombol dibawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.