Sukacita Kedatangan Mesias

Hari Minggu Adven ketiga dikenal dengan nama Minggu Gaudete atau Minggu Sukacita kedatangan Mesias yang kita tunggu-tunggu. Ketika Mesias datang, hukuman, malapetaka, penderitaan kita akan disingkirkan dan Dia akan membarui kita dalam kasih-Nya.

Renungan Harian Katolik, Minggu 12 Desember 2021, Pekan Adven III (Minggu Sukacita/Minggu Gaudete), Ungu.

Santa Yohanna Fransiska de Chantal

Bacaan I : Zef. 3:14-18a

Mazmur : 12:2-3.4bcd.5-6

Bacaan II : Flp. 4:4-7

Bacaan Injil : Lukas 3:10-18

Orang banyak bertanya kepadanya: “Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?”

Jawabnya : “Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian.”

Ada datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis dan mereka bertanya kepadanya : “Guru, apakah yang harus kami perbuat?”

Jawabnya : “Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu.”

Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya : “Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?”

Jawab Yohanes kepada mereka : “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu.”

Tetapi karena orang banyak sedang menanti dan berharap, dan semuanya bertanya dalam hatinya tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias, Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. Alat penampi sudah di tangan-Nya untuk membersihkan tempat pengirikan-Nya dan untuk mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung-Nya, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.”

Dengan banyak nasihat lain Yohanes memberitakan Injil kepada orang banyak.

RENUNGAN

Hari Minggu Adven ketiga ini dikenal dengan nama Minggu Sukacita (Minggu Gaudete). Sukacita ini tampak kuat dalam bacaan-bacaan hari ini. Alasan sukacita ini adalah karena kedatangan Mesias yang kita tunggu-tunggu sudah dekat. Ketika Mesias datang, hukuman, malapetaka, penderitaan kita akan disingkirkan dan Dia akan membarui kita dalam kasih-Nya (bdk. Zef. 3:15:17). Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan mewujud di tengah kita (bdk. Fip. 4:7).

Sukacita karena kedatangan Mesias ini mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang konkret sebagai ungkapan pertobatan dan syukur kita, antara lain, membagikan apa yang kita terima dari Allah kepada saudara-saudari kita yang membutuhkan, memperbaiki relasi kita dengan sesama di rumah atau di tempat kerja, menyiapkan hidup batin kita untuk menerima kedatangan Mesias.

Yohanes Pembaptis memberikan teladan kerendahan hati dan teladan keberanian mengakui kemuliaan Mesias yang akan datang dan kekecilan diri kita. Apakah kita bersukacita?

Apa yangmenjadi sebab sukacita kita, apakah karena kedatangan Mesias sudah dekat, ataukah karena liburan, hadiah Natal, atau lainnya? Apakah kedatangan Mesias yang akan kita rayakan pada saat Natal nanti masih punya arti untuk hidup kita?

DOA

Ya Allah, semoga kami mampu memaknai kedatangan Putra-Mu dan meyakini rahmat-Nya sehingga kami sungguh merasakan sukacita karena-Nya. Amin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements