Santo Telemakus

Kisah tentang Santo Telemakus ditemukan dalam tulisan Theodoret, Uskup Cyrrhus, Suriah. Telemakus disebutkan sebagai seorang pertapa (sumber lain menyebutkan : biarawan) yang datang ke Roma dari Timur.

Ia mencoba untuk menghentikan perkelahian gladiator di amphitheater Romawi, hingga ia dilempari batu sampai mati oleh orang banyak. Kaisar Kristen Honorius, bagaimanapun, sangat terkesan dengan kemartiran biarawan itu dan mendorongnya untuk mengeluarkan larangan yang sangat bersejarah, yaitu melarang pertunjukan pertarungan gladiator.

Pertarungan gladiator yang terakhir diketahui berlangsung di Roma adalah pada tanggal 1 Januari 404 M, jadi tanggal ini dijadikan sebagai tanggal kemartiran Santo Telemakus.

Sebuah tradisi lain mengisahkan bahwa kemartiran santo Telemakus terjadi setelah ia berdiri di ampiteater dan mengatakan kepada majelis untuk berhenti menyembah berhala dan mempersembahkan korban kepada para dewa. Mendengar pernyataan ini, prefek kota lalu memerintahkan para gladiator untuk membunuh Telemachus.

Arti Nama

Berasal dari kata Yunani τῆλε (tele) yang berarti “jauh, dari jauh “. dan μαχη (mache) yang berarti “pertempuran.”

Data

Perayaan : 1 Januari

Lahir : Hidup pada akhir abad ke-4 (tanggal dan tahun lahir tidak diketahui)

Kota asal : Yang tertulis : Datang dari Timur ke Roma

Wafat : Martir – Dilempari batu sampai mati dalam arena Gladiator di Roma – Italia pada tanggal 1 Januari 391 atau 404 (sumber berbeda)

Kanonisasi : Pre-Congregation

Referensi : Wikipedia

Baca juga : Santo Sylvester

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements