ORANG KUDUS

Santo Julianus

Santo Julianus adalah suami dari Santa Basilissa. Mereka hidup pada awal abad keempat. Cinta akan iman Kristiani mendorong mereka melakukan sesuatu yang gagah berani: mereka mengubah rumah mereka menjadi sebuah rumah sakit. Dengan demikian, mereka dapat merawat mereka yang sakit dan miskin yang membutuhkan pertolongan mereka.

Santo Julianus merawat pasien pria, sementara Santa Basilissa merawat pasien perempuan. Pasangan ini menemukan Yesus dalam diri orang-orang yang mereka layani. Mereka melakukan apa yang mereka lakukan itu karena cinta, bukan karena uang ataupun maksud-maksud tertentu.

Tidak banyak yang kita ketahui mengenai kehidupan pasangan suci ini. Menurut tradisi pasangan suami-isteri kudus ini tewas sebagai martir Kristus pada masa penganiayaan kaisar Diokletianus (Gaius Aurelius Valerius Diocletianus (245 M – 312 M), Kaisar Romawi sejak 20 November 284 sampai 1 Mei 305)

Arti Nama

Julianus = Variasi dari nama JuliusJulius adalah nama Romawi yang mungkin berasal dari kata Yunani ιουλος (ioulos) yang berarti : “berjanggut, berbulu halus”.

Data

Perayaan : 09 Januari

Lahir : Hidup pada Abad ke-4

Kota asal : Syria

Wafat : di Antiokhia, Syria. Oleh sebab alamiah

Kanonisasi : Pre-Congregation

Referensi : Yesaya – Saint.sqpn.com

Baca juga : Santo Lusianus dari Beauvais

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements