ORANG KUDUS

Santa Martina

Santa Martina adalah putri seorang konsul Romawi yang kaya raya. Tidak banyak yang diketahui tentang dirinya sebelum masa kemartirannya. Hanya disebutkan bahwa ia adalah seorang wanita dermawan yang kerap membagi-bagikan harta warisan orang tuanya kepada para fakir miskin.

Kemartirannya diperkirakan terjadi pada tahun 226 M atau tahun 228 M di masa pemerintahan kaisar Alexander Saverus (222-235). Ia ditangkap karena imannya akan Yesus Kristus, dan dipaksa untuk murtad dengan cara membawakan kurban persembahan bagi dewa-dewi pagan Romawi. Namun, biarpun dipaksa dan diancam dengan berbagai macam cara, Martina tetap menolak melakukan kekejian tersebut. Karena itu ia lalu dianiaya dan disiksa dengan keji. Ada beberapa versi tentang kisah kemartiran Santa Martina. Salah satu yang paling populer adalah : Santa Martina dihukum cambuk, namun cambuk Romawi bercabang tiga tersebut tidak bisa melukainya. Ia lalu dibuang ke kandang binatang buas, tetapi binatang-binatang tersebut malah menjadi jinak di hadapannya. Para algojo kemudian melemparkannya di dalam tungku pembakaran, namun sampai api padam ia sama sekali tidak terbakar. Santa Matina baru dapat mengenakan mahkota kemartirannya setelah seorang algojo menghunus pedang dan memenggal kepalanya.

Setelah masa penganiayaan berlalu, banyak mujizat terjadi dan dihubungkan dengan Santa Martina. Pada abad ketujuh, sebuah gereja kecil didirikan untuk menghormatinya. Makam dan relikwi Santa Martina ditemukan kembali pada tanggal 25 Oktober 1634 oleh pelukis Pietro da Cortona. Sebuah Gereja kemudian dibangun di situs tersebut oleh Paus Urbanus VIII. Gereja tersebut kini dikenal dengan nama Gereja Santi Luca e Martina dimana relikwi Santa Martina kini disemayamkan.

Arti Nama

Bentuk Feminim dari Nama Romawi : Martinus. Martinus berasal dari kata “Martis” = bentuk genitif dari nama dewa Romawi kuno Mars

Data

Perayaan : 30 Januari, 20 Januari (sebelumnya). Lahir : Hidup pada awal abad ke-3.

Kota asal : Roma, Italia.

Wafat : Tahun 228 di kota Roma | Martir

Beatifikasi : –

Kanonisasi : Pre-Congregation

Referensi : CatholicSaint.info – Wikipedia.

Baca juga : Santo Gildas.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements