Rekoleksi Orang Tua Komuni Pertama Bulan Mei 2022

JagoKomSos.Org – Minggu, 22 Mei 2022, Tim Pelayanan Inisiasi yang bernaung di bawah Bidang Pewartaan dan Evangelisasi mengadakan kegiatan Rekoleksi Orang Tua Calon Komuni Pertama untuk periode tahun 2022. Kegiatan ini bersifat wajib bagi para orang tua calon penerima komuni pertama yang akan dilaksanakan tepat pada Hari Raya Tubuh Dan Darah Kristus (Minggu, 19 Juni 2022) mendatang.

Rekoleksi ini mengambil tema yaitu Mewariskan Iman Kepada Anak Dengan Kasih Dan Kegembiraan Sebagai Ungkapan Menanggapi Panggilan Menjadi Orang Tua.

Mengingat banyaknya jumlah peserta, kegiatan rekoleksi ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di Aula Paroki Santo Yusup Ambarawa dan di Aula SMP Mater Alma Ambarawa. Kegiatan Rekoleksi di Aula Paroki dipimpin oleh Romo Agustinus Sigit Widisana, SJ sedangkan Romo Agustinus Budi Nugroho SJ memimpin rekoleksi di Aula SMP Mater Alma.

Dari total 137 calon penerima Komuni Pertama ini, sebanyak 71 peserta berasal dari SD Pangudi Luhur Ambarawa, 18 peserta dari SD Virgo Maria I Ambarawa, 22 peserta dari SD Virgo Maria II Bawen, sisanya sebanyak 26 peserta dari wilayah yang tersebar di Paroki Santo Yusup Ambarawa.

Pribadi CTM

Dalam sambutan pembukanya, Kabid Pewartaan dan Evangelisasi, Hieronimus Rachmad, menekankan pentingnya rekoleksi bagi orang tua calon penerima komuni pertama ini.

“Orang tua sangat diharapkan peran sertanya dalam mendampingi iman anak. Dengan demikian anak-anak akan tumbuh sebagai pribadi yang Cerdas, Tangguh dan Misioner (CTM).”

Secara terpisah, Etty Prasetyaningsih, sebagai Ketua Tim Pelayanan Inisiasi, menekankan tujuan diselenggarakannya kegiatan rekoleksi ini.

“Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab iman dari orang tua terhadap anak-anaknya, orang tua wajib mendampingi perkembangan iman Kristiani anak. Kegiatan Rekoleksi ini secara khusus untuk mengingatkan peran orang tua akan pendampingan anak-anak. Orang tua wajib secara aktif mendampingi anak-anaknya selama proses komuni pertama dan kelanjutannya “

Bersama Namun Terpisah

Mengingat pentingnya kegiatan ini, serta melihat perkembangan kondisi secara umum, panitia yang tergabung dalam Tim Pelayanan Inisiasi berencana untuk turut melibatkan anak-anak calon penerima komuni pertama dalam kegiatan terpisah namun bersamaan.

Ketika orang tua mengikuti Rekoleksi Orang Tua Penerima Komuni Pertama, anak-anak juga akan diajak untuk mengikuti Rekoleksi Anak. Jadi dalam waktu bersamaan namun di tempat terpisah, orang tua dan anak akan sama-sama mengadakan rekoleksi.

Untuk periode tahun 2022 ini, persiapan akhir Komuni Pertama akan dilaksanakan pada 29 Mei 2022 mendatang. (dp)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.