Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022

JagoKomSos.Org – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, Tim Pelayanan Lingkungan Hidup dan Keutuhan Ciptaan, Bidang Diakonia, mengadakan kegiatan pembagian bibit tanaman dan sosialisasi kegiatan Jlantah untuk Sekolah.

Bertempat di pelataran Gereja Santo Yusup Ambarawa, kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 5 Juni 2022, pukul 06.00 WIB dan 08.00 WIB (Misa pertama dan kedua).

Sebanyak 1500 bibit tanaman yang terdiri dari bibit cabai, terong, pepaya, salam, kayu manis, jeruk, sirsak, aren, duwet, kelor, jambu air, jambu anggur dan sengon, dibagikan secara cuma-cuma kepada umat yang hadir.

Jelantah Untuk Sekolah

Senada dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Bidang Diakonia Paroki Santo Yusup Ambarawa juga mensosialisasikan kegiatan program Jelantah untuk Sekolah.

Kenapa Jelantah?

Pemilihan jlantah atau minyak goreng bekas juga merupakan sampah yang perlu diolah dengan baik. Penggunaan minyak yang berulang-ulang akan merusak kesehatan. Selain itu, limbah rumah tangga ini jika dibuang ke saluran air akan menyumbat dan jika dibuang ke tanah akan mengurangi kesuburan tanah.

Jelantah yang menjadi masalah akan ditampung dan disalurkan ke licin.love yang akan diolah menjadi biodiesel. Adapun uang yang diperoleh akan ditransfer ke rekening Tim Pelayanan Pendidikan untuk membantu biaya anak sekolah.

Kegiatan ini diadakan karena selaras dengan ajakan Bapa Paus Fransiskus, yaitu Laodato Si, yaitu ajakan untuk merawat bumi sebagai rumah kita. Program ini juga sejalan dengan program Serikat Jesus dan ajakan pertobatan ekologis untuk merawat bumi.

“Bumi yang kita miliki ini bukan hanya milik kita semata, namun juga milik generasi yang akan datang. Oleh karenanya, mari kita jaga dan kita rawat bersama agar bisa kita wariskan untuk generasi mendatang.” papar Ibu Seniwati dari Tim Lingkungan Hidup disela acara. (dp)

Baca juga : Peringatan Hari Lingkungan Hidup

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements

4 thoughts on “Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022

  • June 5, 2022 at 11:23 am
    Permalink

    Well3x,…
    Proficiat kawan2 Team Pelayanan Lingkungan Hidup Diakonia Dewan Pastoral Paroki St.Yusup Ambarawa yang setia, semangat & tulus melayani pembagian bibit tanaman dalam rangka melestarikan lingkungan hidup dengan tujuan ikut menjaga keseimbangan serta merawat bumi ciptaan Nya kepada umat setelah usai Misa.
    Selamat melayani & berbagi,
    Tuhan memberkati.

    Reply
    • June 5, 2022 at 12:01 pm
      Permalink

      TERIMAKASIH KAK Adi yang baik hati

      Reply
    • June 5, 2022 at 5:42 pm
      Permalink

      Puji Tuhan
      Pembagian bibit untuk umat di peringatan Hari Lingkungan Hidup dapat berjalan dengan baik dan lancar, bahkan berlimpah bibit tanaman. Kami keluarga SMKSPP Kanisius Ambarawa ikut senang karena bisa ijut berpartisipasi dalam giat ini dalam rangka mencintai bumi. ÀYO NANDUR.

      Sukses untuk.kita semua.
      Gusti tansah paring berkah. Amin🙏

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.