BACAAN HARIAN

Pencobaan

Yesus yang adalah sungguh manusia, juga mengalami segala macam pencobaan seperti yang kita alami.

Renungan Harian Katolik, Minggu 6 Maret 2022, Pekan Prapaskah I (Ungu)

St. Marsianus; St. Hesikios; Santa Koleta

Bacaan I : Ul. 26:4-10

Mazmur : 91:1-2.10-11.12-13.14-15

Bacaan II : Rm. 10:8-13

Bacaan Injil : Lukas 4:1-13

Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.

Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”

Jawab Yesus kepadanya: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja.”

Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia. Kata Iblis kepada-Nya: “Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.”

Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau, dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.”

Yesus menjawabnya, kata-Nya: “Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!”

Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.

RENUNGAN

Pada hari Minggu Prapaskah pertama ini, Yesus ditampilkan sebagai teladan untuk pertobatan kita. Yesus yang adalah sungguh manusia, juga mengalami segala macam pencobaan seperti yang kita alami. Pencobaan-pencobaan yang dialami Yesus adalah contoh pencobaan pokok yang dialami manusia, misalnya berkaitan dengan kebutuhan yang paling mendasar yaitu makan, kepemilikan dunia dan kuasa serta mencobai Allah. Yesus dicobai, tetapi tidak jatuh ke dalam dosa. Yesus mampu menang terhadap setan karena Yesus bersikap tegas tanpa kompromi. Di samping itu, Yesus sungguh hidup dan kuasa Roh dan menghayati Sabda Allah.

Yesus mampu bersikap tegas karena Dia mengandalkan Allah saja, bukan kekuatan lain. Ia menundukkan seluruh diri-Nya dalam kuasa Roh Kudus dan mengikuti dorongan-dorongan Roh. Karena Yesus mengandalkan Sabda Allah, maka setan pun menggunakan Sabda Allah untuk mencobai-Nya. Sikap Yesus yang sungguh percaya dan tidak mau mencobai Allah, melepaskan Dia dari jebakan setan.

DOA

Ya Yesus, bantulah kami untuk sungguh percaya pada Bapa yang dinyatakan oleh Roh Kudus, sehingga kami dengan mantap mampu menghadapi segala macam pencobaan dan bersama kuasa Roh Kudus-Mu kami akan menang. Amin.

Baca juga : Proses Pertobatan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Renungan: Ziarah Batin 2022, OBOR Indonesia.