WARTA PAROKI

Misa Pelajar Bulan Mei 2022

JagoKomSos.Org – Jumat, 13 Mei 2022, Tim Pelayanan Pendidikan, Bidang Pelayanan Kemasyarakatan, Paroki Santo Yusup Ambarawa kembali mengadakan Misa Pelajar untuk periode bulan Mei 2022. Perayaan Ekaristi dipimpin langsung oleh Romo Kepala Paroki, Agustinus Sigit Widisana, SJ.

Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup

“Akulah jalan kebenaran dan hidup. Tidak seorangpun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14 : 1 – 6).

Dari Bacaan Injil di atas, dalam homilinya Romo Sigit menyampaikan kisah tentang dua tempayan, yang kanan adalah tempayan utuh, yang sebelah kiri tempayan yang retak. Tempayan itu digunakan oleh seorang pekerja untuk membawa air dari sumber air ke ladangnya. Tempayan yang retak tidak bisa membawa air dengan utuh sampai di tempatnya. Diapun merasa sedih. Setelah sekian tahun, tempayan retak minta berhenti untuk dipakai karena merasa tidak mampu membawa air yang utuh. Namun si pekerja tidak berkomentar banyak, dia hanya ingin tempayan yang rusak itu memperhatikan jalan yang dilalui esok hari. Dia minta tempayan memperhatikan jalanan sebelah kanan dan kiri, di bagian yang dia lalui. Esok harinya, tempayan memperhatikan jalanan itu. Pekerja pun berkata, “Lihatlah jalan yang kita lalui, ternyata penuh bunga yang indah. Tetes-tetes itu memberi kehidupan untuk bunga-bunga. Dan bunga-bunga itupun kubuat untuk memperindah rumahku.”

“Kita seperti tempayan sebelah kiri, yaitu mempunyai kekurangan. Oleh karenanya, mari kita datang kepada Yesus, mohon kelimpahan berkat untuk bisa memberi makna pada kekurangan kita. Tuhan pun memakai kita yang penuh kekurangan untuk memberi makna bagi oran lain.” ajak Romo Sigit.

Sebelum berkat pengutusan, Romo juga mengapresiasi para petugas yang melayani misa, serta mengajak para siswa untuk belajar melayani dari hal yang paling sederhana.

Tutup Tahun Ajaran Dengan Nuansa Berbeda

Misa Pelajar Bulan Mei ini dihadiri oleh 600 siswa-siswi Katolik dari sekolah Negeri maupun Swasta. Jumlah tersebut belum termasuk Bapak dan Ibu guru pendamping dari masing-masing sekolah. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

  • SD Kanisius Kaliwinong : 15 siswa
  • SD Kanisius Lodoyong : 10 siswa
  • SD Virgo Maria 1 : 76 siswa
  • SD Pangudi Luhur : 100 siswa
  • SMP Mater Alma :120 siswa
  • SMP Pangudi Luhur : 228 siswa
  • SMK SPP Kanisius : 25 siswa
  • SMK Theresiana : 10 siswa
  • SMA Kanisius : 10 siswa
  • Kristha Pertiwi Homeschooling : 6 siswa

“Biasanya kami mengadakan Misa Pelajar pada hari Jumat pertama, namun untuk bulan Mei ini dilaksanakan pada hari Jumat kedua. Hal ini mengingat pada minggu pertama para pelajar masih libur hari raya Idul Fitri.” jelas Kak Fera dari Tim Pelayanan Pendidikan.

Misa Pelajar Bulan Mei ini sekaligus juga menjadi Misa Pelajar terakhir untuk tahun pelajaran 2021/2022. Sebagai catatan, pada tahun pelajaran ini, Misa Pelajar telah diselenggarakan secara rutin sebanyak empat kali, terhitung sejak bulan Februari.

Ada ‘nuansa baru’ juga dalam Misa Pelajar bulan ini, yaitu dengan turut bergabungnya 15 siswa dari SD Kanisius Kaliwinong yang datang dengan menyewa satu angkot. Bapak/Ibu guru begitu bersemangat sekali dalam mendampingi para siswa. Selain itu, 6 siswa dari Kristha Pertiwi Homeschooling beserta guru dan orang tua juga turut bergabung dalam Misa Pelajar Bulan Mei ini.

Sinergi Dalam Pelayanan

Satu lagi yang istimewa dari Misa Pelajar bulan ini tampak dari sinergi, kerja sama dan kekompakan para petugas Misa. Petugas Misa dibagi merata dari beberapa sekolah, yaitu :

  • Petugas Koor : Bapak/Ibu Guru dari SD Virgo Maria 1 Ambarawa
  • Petugas Lektor : SMP Pangudi Luhur
  • Misdinar dan komentator : SMP Mater Alma
  • Petugas Tatib : Bapak/Ibu Guru dari masing-masing sekolah

Bapak/Ibu guru dari berbagai sekolah bahu-membahu membantu mengatur para siswa. Setelah Misa, Bapak/Ibu guru menyerbu stand produk olahan dari SMK Theresiana Bandungan hingga produk unggulan mereka yaitu mix salad, terjual habis dalam sesaat.

“Misa pelajar akan digelar kembali pada tahun pelajaran baru, yaitu pada bulan Agustus 2022 mendatang. Semoga Misa Pelajar kian tenar dan regeng serta pengalaman iman yang didapat oleh seluruh peserta juga kian gayeng.” tutup Kak Fera di penghujung acara. (dp)

Baca juga : Misa Pelajar Bulan Maret 2022

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements

2 thoughts on “Misa Pelajar Bulan Mei 2022

  • Semoga melalui penyelenggaraan Misa Pelajar akan menjadikan tumbuh subur benih2 panggilan menjadi pekerja diladang Tuhan bagi mereka dan berani menjawab panggilan tersebut dengan penuh suka cita.
    Berkah Dalem.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *