Mintalah Maka Akan Diberi

Mintalah, maka akan diberi kepadamu. Carilah, maka kamu akan mendapat. Ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Renungan Harian Katolik, Kamis 7 Oktober 2021, Pekan Biasa XXVII, Pw. SP. Maria Ratu Rosario (Putih)

BACAAN I : Mat. 3:13-4:2a

MAZMUR : 1:1-6;

BACAAN INJIL : Injil Lukas 11:5-13

Lalu kata-Nya kepada mereka: “Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.

Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.

Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

RENUNGAN

Per Mariam ad Lesum. Hari ini, kita memperingati Santa Petawan Maria Ratu Rosario. Pertanyaannya adalah mengapa bacaan Injil yang dipilih oleh Gereja tentang bagaimana kita berdoa?

Yesus mengungkapkan bahwa kita harus selalu mengetuk pintu walaupun tuan rumah sedang tidur dan enggan membuka pintu. Tetapi kita harus terus mengetuk pintu. Pada akhirnya pintu akan dibukakan bagi kita.

Apa Artinya? Jangan pernah kita menyerah dalam doa walaupun kadang kala kita merasa mengapa doaku lama dikabulkan atau mengapa belum ada tanda-tanda pengabulan dan pemohonanku.

Apa kaitanya dengan Peringatan Santa Maria Ratu Rosario? Doa Rosario merupakan tradisi sehat dalam Gereja kita. Dalam doa Rosario, tanpa kita banyak mengeluarkan kata, tanpa banyak harus merumuskan doa-doa, kita yakin bahwa doa kita didengar oleh Tuhan.

Bunda Maria diyakini punya akses paling dekat kepada Tuhan Yesus. Karena Bunda Maria punya kedekatan rohani dan jasmani. Tuhan Yesus pernah tinggal di dalam rahimnya dan Tuhan Yesus berada bersama Bunda Maria dalam masa pengasuhan masa kecil-Nya.

Maka, mari kita bertekun dalam Doa Rosario dan kita terus panjatkan doa dan harapan kita kepada Tuhan dengan perantaraan Bunda Maria.

Tuhan Yesus, kami bersyukur atas rahmat kesetiaan Maria yang selalu menghantar doa-doa kami kepada-Mu. Semoga kami pun setia menyertai dan mendampingi sesama yang membutuhkan kami. Amin.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.