Menanam Pohon Kerasulan

JagoKomSos.Org – Ibarat menanam pohon kerasulan, Tim Pelayanan Katekis dan Pemandu Lingkungan, Bidang Pewartaan dan Evangelisasi, mengadakan Kaderisasi Katekis Muda Paroki Santo Yusuf Ambarawa pada hari Sabtu, 3 Desember 2022.

Agenda kaderisasi ini merupakan Tahap Ketiga dari rangkaian tujuh tahapan serta akan ditutup dengan rekoleksi pada pertemuan kedelapan.

Kaderisasi Katekis Muda Tahap Ketiga ini kembali dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Sabtu sore (3/12) hingga Minggu siang (4/12).

Bertempat di Rumah Retret Syalom, Bandungan, agenda kaderisasi kali ini dihadiri oleh sebanyak 27 peserta.

Dibuka oleh Vinsentius Vererius Enggar Kristiyanto (Mas Max), selaku koordinator Tim Katekis dan Pemandu Lingkungan, acara dimulai pukul 17.00 WIB dengan briefing serta ice-breaking.

Tahap ketiga Kaderisasi Katekis Muda kali ini secara khusus membahas tentang Dasar-Dasar Katekese, yang disampaikan oleh Romo Alexander Hendra Dwi Asmara, SJ, pH.D (Romo Hendra) yang notabene adalah Putra Daerah, Romo asli dari Ambarawa. Romo Hendra sendiri saat ini merupakan Pengajar di Program Studi Pendidikan Keagamaan Katholik, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

“Gereja sangat prihatin terhadap ketersediaan katekis di wilayah maupun lingkungan. Selain jumlahnya yang sangat kurang, beberapa katekis yang ada dan masih aktif sudah berusia lanjut. Keprihatinan inilah yang kemudian menjadi kepedulian Tim Katekese dan Pemandu Lingkungan untuk segera melakukan kaderisasi.” papar Mas Max di sela acara.

Di tempat yang sama, Hieronimus Rackhmad Kriatianto Adi (Pak Rackhmad) selaku Ketua Bidang Pewartaan dan Evangelisasi menuturkan,

“Kami bersyukur, masih ada anak-anak muda yang peduli dan mengikuti kaderisasi katekis, sebuah profesi yang “kurang populer” namun begitu penting bagi kelanjutan gereja di masa mendatang.”

Kaderisasi Katekis Muda oleh Tim Pelayanan Katekis dan Pemandu Lingkungan ini seperti halnya menanam benih. Tidak bisa kita memetik hasilnya dalam waktu dekat. Namun seiring waktu, benih-benih kerasulan yang mulai ditanam saat ini akan tumbuh dan berkembang hingga akhirnya berbuah, menjadi katekis-katekis andalan gereja di masa yang akan datang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *