Lingkungan Bernadetta Goes to Yogya

Mentari belumlah seperanggah ketika tiga bus besar membawa rombongan ziarek Lingkungan Bernadetta, Wilayah Kapernaum, Bawen menuju Yogyakarta pada Minggu, 4 Desember 2022. Wajah-wajah sumringah mulai dari anak-anak, para remaja, Bapak-Ibu hingga suster begitu terpancar sepanjang hari.

Lingkungan Bernadetta goes to Jogja

Dengan mengusung tema “Lingkungan Bernadetta Guyub Beriman”, rombongan mengunjungi Candi Hati Kudus Yesus di Ganjuran. Berikutnya, masih di kebupaten yang sama, rombongan melanjutkan wisata menuju Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta.

Sebanyak 127 peserta turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Dipimpin langsung oleh Bapak Joko Sartono sebagai Ketua Lingkungan Bernadetta, para peserta mengawali rangkaian ziarah dengan Ibadat yang dipimpin oleh Bapak Roni Hartanto dan homili diberikan oleh Bapak Hilarius Sugito.

Bermula Dari Jarang Bersua

Rutinitas keseharian ditambah Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, benar-benar memangkas jarak dan waktu serta kebersamaan umat di Lingkungan Bernadetta. Ujung-ujungnya, umat merindukan suasana kebersamaan dan guyub dalam iman seperti sedia kala.

“Berawal dari pertemuan BKSN 2022 beberapa waktu lalu, ditemukan sebuah fakta bahwa umat Lingkungan Bernadetta sudah terlalu lama tidak berkumpul bersama seperti dulu. Semangat berkumpul dalam persaudaraan satu iman tersebut sangat dirindukan. Oleh karenanya,timbul keinginan untuk menghidupkan kembali budaya berkumpul secara rutin di Lingkungan Bernadetta aga dapatr saling menguatkan iman.” demikian papar Mas Dicky sebagai salah satu peserta mengisahkan awal cerita dibalik agenda ziarah kali ini.

Lebih lanjut Beliau mengisahkan, “Kemudian pasca BKSN dan dilanjutkan dengan momen Bulan Rosario pada bulan Oktober 2022, keinginan umat untuk kembali dapat berkumpul bersama semakin besar. Lalu muncullah ide untuk melakukan ziarah agar umat yang belum tersapa dapat turut serta.”

Secara ringkas, kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan semangat bersinode dan menemukan kembali domba-domba yang selama ini tersesat agar kembali pulang. Ternyata benar adanya. Setelah sekian pertemuan dan dilakukan survey oleh pengurus lingkungan, banyak umat yang jarang hadir dalam pertemuan rutin seperti rosario bersama, temu RKK dan pertemuan rutin lingkungan, ternyata dapat menghadiri ziarah bersama. Bahkan secara statistik, jumlah peserta hampir menyentuh 80% dari jumlah total seluruh umat di Lingkungan Bernadetta.

“Lingkungan Bernadetta sangat potensial karena sifatnya yang peka dan cepat tanggap terhadap masyarakat, terutama sesama umat beriman. Selain itu, lingkungan ini menyumbang 6 orang pengurus DPP dan memiliki anggota PIA yang banyak. Tantangan kedepan adalah bagaimana kita sebagai umat di lingkungan mampu menggunakan potensinya untuk membangun gereja dan persaudaraan dalam iman.” tutur Bapak Hilarius Sugito, katekis sekaligus sesepuh di Lingkungan Bernadetta.

“Kegiatan Ziarah sudah berjalan dengan baik, dan masih banyak kegiatan lingkungan akan dilaksanakan seperti pertemuan Adven dan Natalan bersama. Diharapkan semua umat di Lingkungan Bernadetta mampu terlibat aktif dalam setiap kegiatan.” sambung Bapak Joko Sartono selaku Ketua Lingkungan Bernadeta.

Ziarah Dan Rekreasi

Dimulai tepat pukul 06.30 WIB dengan doa bersama di pelataran parkir SD Virgo Maria 2 Bawen, rombongan berangkat tepat pukul 07.00 WIB.

Saat melintas di Gereja Santo Yusuf Ambarawa, rombongan mendaraskan Doa Rosario di dalam bus masing-masing.

Pukul 10.30 WIB, rombongan sampai di kompleks Gereja Ganjuran, Bantul. Kegiatan pertama adalah Ibadat Sabda di dalam gereja, kemudian dilanjutkan dengan sambung rasa serta Pertemuan Advent PIA.

Tepat pukul 12.00 WIB, rombongan makan siang di pendopo. Kemudian dilanjutkan dengan agenda rekreasi menuju Pantai Goa Cemara pukul 13.00 WIB.

Panitia tak hanya fokus pada acara ziarah, terlebih telah menyiapkan kegembiraan dengan beberapa games, diantaranya balap sarung berpasangan dan memindahkan tepung. Tepat pukul 14.30 WIB, dilanjutkan acara bebas di pantai hingga pukul 15.30 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan pulang.

Simak keseruan kegiatan ziarah dan rekreasi Lingkungan Bernadetta disini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kontributor JagoKomSos Lingkungan Bernadetta : Dicky Hari Purnomo

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *