Kerendahan Hati

“Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang harus kami lakukan.” (Lukas 17:10)

Para murid Yesus tidak hanya satu kali bertengkar mengenai siapa yang terbesar maupun yang terpenting di antara mereka. Yesus mengajarkan kepada mereka untuk menjadi pelayan dari semuanya.

Paus Gregorius Agung menyatakan bahwa, Paus adalah servus servorum Dei (hamba dari para hamba Tuhan). Sebutan atau gelar ini tetap berlaku bagi seorang Paus.

Apa syarat untuk menjadi pelayan atau lebih tajam lagi menjadi batur?

Syarat utama adalah rendah hati.

Seorang batur harus rendah hati. Seorang batur kalau ditegur atau dikritik diam dan mendengarkan. Sesudah teguran selesai, dia berkata pendek,

“Terima kasih atas kritik dan saran-sarannya. Saya minta maaf.”

Dia tidak membela diri, tapi diam. Rahasianya ialah ia menyerahkan segala-segalanya pada Tuhan, hakim yang maha adil. Tidak membela diri dengan penuh emosi, tapi diam dan tenang.

Dalam hidup ini, kita selalu akan berhadapan dengan atau menerima kritik entah dari rekan kerja, entah dari suami atau istri. Tetapi bagaimana kita menanggapi kritik itu apalagi kalau kritik itu tidak benar?

Kita diam dan tidak ganti membalas kritik, tidak dikuasai emosi lalu mutung (menyerah). Batur yang baik, pelayan yang baik, adalah tetap melayani dan tidak mutungan.

Ringkasnya, sebagai pelayan kita tidak menuntut pujian terima kasih. Kita harus ingat bahwa, sebagai pelayan adalah manusia berdosa, banyak kekurangan dan kelemahan. Maka kalau dikritik maupun dikecam sudah sepantasnya.. Yesus yang tanpa dosa pun dikritik dan dikecam oleh musuh-musuhNya.

Maka marilah kita berdoa:

“Ya Tuhan, semoga kami lebih mau memuji daripada dipuji, lebih mau melayani daripada dilayani, lebih mau menjadi yang terakhir daripada yang pertama.”

Sebagai pelayan tidak mengharapkan terima kasih dari Tuannya karena telah melakukan apa yang ditugaskan kepadanya. Apabila kita telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepada kita, hendaklah kita berkata:

“Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang harus kami lakukan.” (Lukas 17:10)

Baca juga :

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.