Kehendak BapaKu

Inilah kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang yang melihat Anak beroleh hidup yang kekal.

Renungan Harian Katolik, Selasa 2 November 2021, Pekan Biasa XXXI, Hari Peringatan Semua Arwah Orang Beriman, Warna Liturgi Ungu/Hitam

Bacaan Pertama : 2 Makabe 12:43-46

Mazmur Tanggapan : Mazmur 130:1-2,3-4,5-6a,6-7,8

Bacaan Kedua : 1 Korintus 15:12-34

Bait Pengantar Injil : Yohanes 6:40

Bacaan Injil : Yohanes 6:37-40

Di rumah ibadat di Kapernaum, Yesus berkata kepada orang banyak, “Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari surga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak BapaKu yang telah mengutus Aku.

Dan inilah kehendak BapaKu yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.

Sebab inilah kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.

Demikianlah Injil Tuhan.

Baca juga : Upahmu Besar Di Surga

RENUNGAN

Dalam peziarahan hidup di dunia ini, kita tentu pernah mengalami kehilangan, seperti kehilangan orang-orang yang kita cintai: anggota keluarga, sahabat, teman, dan lain sebagainya. Kehilangan orang terdekat terutama anggota keluarga merupakan hal terberat atau sulit untuk diterima. Pasti ada perasaan sedih, putus asa, kecewa, hancur dan bahkan kadang kala kita mempersalahkan Tuhan. Tak jarang kita pun bertanya kepada Tuhan: Mengapa Engkau begitu cepat memanggil dia? Hal semacam ini merupakan perasaan-perasaan yang muncul ketika kita mengalaminya.

Terkadang pun kita kehilangan iman dan harapan ketika berhadapan dengan realitas seperti ini.

Peringatan Arwah Semua Orang Beriman yang dirayakan Gereja Katolik secara universal pada hari ini, meneguhkan iman kita bahwa dalam hidup selalu ada harapan. Bacaan-bacaan suci hari ini pun mengajak kita untuk selalu memperdalam iman kita kepada Tuhan yang empunya kehidupan. Kita pun diundang untuk tetap menjaga relasi kita dengan saudara/i yang telah mendahului kita melalui doa, sehingga jiwa mereka dapat beristirahat dengan tenang dan damai di surga.

Sebagai orang yang percaya dan mengikuti Kristus, kita memiliki suatu keyakinan bahwa setelah kematian pasti ada kehidupan baru. Inilah yang dinamakan “harapan” bagi kita sebagai umat kristiani.

Di dalam bacaan pertama dan kitab kedua Makabe secara tegas dikatakan bahwa setelah kematian pasti ada kebangkitan. Paulus sendiri dalam suratnya yang pertama kepada Jemaat di Korintus menegaskan kembali bahwa harapan yang dijanjikan Yesus melalui kebangkitan-Nya diberikan untuk kita semua.

Dalam bacaam Injil, Yesus meyakinkan kita bahwa setiap orang yang melihat diri-Nya dan percaya kepada-Nya akan memperoleh hidup yang kekal dan dibangkitkan pada akhir zaman.

DOA

Ya Allah, anugerahkanlah kehidupan kekal bagi saudara/i kami yang telah Engkau panggil ke hadirat-Mu. Amin.

Advertisements
Advertisements