Kebaikan

Bekerjasamalah dengan sebanyak mungkin orang supaya kebaikan itu semakin mewarnai hidup di sekitar kita. Kebaikan yang kita miliki mesti memancar keluar, sehingga semakin banyak orang yang menyadari, merasakan, dan mengalami kasih dan kebaikan Tuhan.

Renungan Harian Katolik, Rabu 23 Februari 2022, Pekan Biasa VII.

PW. Santo Polikarpus UskMrt (Merah)

Bacaan I : Yak. 4:13-17

Mazmur : 49:2-3.6-7.8-10.11

Bacaan Injil : Markus 9:38-40

Kata Yohanes kepada Yesus: “Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.”

Tetapi kata Yesus: “Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku. Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.”

RENUNGAN

Dari bacaan-bacaan Ekaristi hari ini, ada beberapa hal yang dapat kita petik sebagai permenungan kita.

Pertama, jangan menunda untuk berbuat baik. Rasul Yakobus memberitahu kita bahwa “jika ada orang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi tidak melakukannya, ia berdosa”.

Kedua, di dalam masyarakat kita, bahkan dalam Gereja kita ada orang yang mau memonopoli kebenaran dan kebaikan. Ia tidak senang kalau orang lain bisa berbuat baik seperti dia. Orang lain dianggap sebagai pesaing.

Ketiga, bahkan dalam berbuat baik pun ada yang iri hati. Ia tidak senang kalau orang lain mendahului berbuat baik atau memberi lebih banyak dari dia.

Oleh sebab itu, merenungi tiga hal di atas, maka marilah kita menjadi Orang Baik dalam kata dan tindakan, bahkan dalam segala aspek kehidupan kita. Bekerjasamalah dengan sebanyak mungkin orang supaya kebaikan itu semakin mewarnai hidup di sekitar kita. Kebaikan yang kita miliki mesti memancar keluar, sehingga semakin banyak orang yang menyadari, merasakan, dan mengalami kasih dan kebaikan Tuhan.

DOA

Tuhan, semoga kami mampu berbuat baik kepada siapa saja, tanpa menunda dan tanpa pandang bulu. Amin.

Baca juga :

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Renungan: Ziarah Batin 2022, OBOR Indonesia.

Advertisements
Advertisements