Indonesia Adalah Merah Putih

Kebhinekaan beragama haruslah tetap terbingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila sehingga kebersamaan dan persatuan bangsa ini perlu kita gaungkan terus karena Indonesia adalah merah putih, Indonesia adalah Indonesia.

JagoKomSos.Org – Minggu, 14 Agustus 2022, Tim Pelayanan Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAK), yang bernaung dibawah Bidang Pelayanan Kemasyarakatan (Diakonia), Paroki Santo Yusuf Ambarawa, mengadakan Seminar Kebangsaan dengan tema “Moderasi Beragama Kunci Terpeliharanya Kerukunan Antar Umat Beragama“.

Kegiatan yang merupakan kerja sama dan didanai oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Semarang ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Andreas Pandiangan, anggota KPU Provinsi Jawa Tengah dan JC. Tukiman Taruno Sayoga dari FKUB Kabupaten Semarang.

Seminar yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB ini mengambil tempat di Aula SMP Pangudi Luhur Ambarawa. Dari 200 peserta yang diundang, Seminar Kebangsaan kali ini dihadiri oleh tak kurang dari 125 peserta dari berbagai elemen, diantaranya Pengurus DPP Paroki, para Ketua Wilayah dan Lingkungan, wakil dari Prodiakon, Katekis hingga OMK Paroki Santo Yusuf Ambarawa.

Dalam sambutannya, ketua FKUB Kabupaten Semarang, H Sinwani, menegaskan bahwa Moderasi Agama bukan berarti menyatukan faham-faham agama, tapi menyatukan sikap dan perilaku untuk kepentingan kebangsaan dan bernegara. Kebhinekaan beragama haruslah tetap terbingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila sehingga kebersamaan dan persatuan bangsa ini perlu kita gaungkan terus karena Indonesia adalah merah-putih, Indonesia adalah Indonesia.

“Seminar Kebangsaan ini bertujuan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di lingkungan maupun wilayah masing-masing.” jelas Bapak Y. Tri Margono selaku panitia sekaligus Tim Pelayanan HAK Paroki Santo Yusuf Ambarawa.

Lebih lanjut Pak Tri menjelaskan perihal moderasi beragama ini yang merujuk pada sikap dan perilaku mengurangi kekerasan atau keekstriman dalam praktek beragama.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.