BACAAN HARIAN

Engkau Adalah Raja

“Jadi Engkau adalah raja?” Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku”.

Renungan Harian Katolik, Minggu 21 November 2021, Pekan Biasa XXXIV

HR. Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam (Putih).

Bacaan Pertama : Dan. 7:13-14

Maznur : 93:1AB.1C-2.5;

Bacaan Injil : Yohanes 18:33b-37

Ketika Yesus dihadapkan ke pengadilan, bertanyalah Pilatus kepada-Nya, “Engkau inikah raja orang Yahudi?”

Jawab Yesus: “Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?”

Kata Pilatus: “Apakah aku seorang Yahudi? Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah Engkau perbuat?”

Jawab Yesus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.”

Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Jadi Engkau adalah raja?”

Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.”

Baca juga : Allah Orang Hidup

RENUNGAN

Setiap orang dari segala suku bangsa yang hidup penuh kesetiaan berada dalam kuasa dan kemuliaan Tuhan. Sebuah kerajaan dengan kekuasaan yang kekal akan dinikmati oleh orang-orang yang setia. Kerajaan tersebut dipenuhi sukacita dan tidak akan pernah lenyap. Oleh karena itu, Yohanes mengingatkan bahwa Yesus akan datang kedua kali dengan kemuliaan-Nya sebagai raja yang berkuasa atas segala raja sebab la telah melepaskan kita dan dosa dan menjadikan kita sebagai anggota kerajaan-Nya.

Pilatus mempertanyakan apakah Yesus itu Raja. Namun, Yesus menjawab seakan-akan Pilatus bersaksi tentang dirinya, sehingga Yesus bertanya apakah kesaksian itu muncul dari dalam hatinya atau hanya mengikuti pendapat orang lain. Dalam jawaban Yesus, dikatakan bahwa kerajaan-Nya bukan dari dunia ini. Pilatus menangkap pengakuan tersirat Yesus bahwa Dia adalah Raja. Bagi Yesus, Ia harus menyatakan kebenaran, karena untuk itulah la lahir dan datang ke dalam dunia. Sudah selayaknya kita mengakui Yesus sebagai Raja dalam hidup kita, karena kasih karunia dan damai sejahtera berasal dan Allah.

Mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Raja, tidak hanya berhenti pada pemahaman siapa Yesus yang sesungguhnya, tetapi juga memberikan segala pujian dan hormat kepada-Nya, dalam bentuk ketaatan kita pada perintah-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita.

DOA

Ya Allah, Engkaulah raja kami yang selalu melindungi kami. Semoga kami dari hari ke hari semakin taat pada rencana dan kehendak-Mu. Amin.

Advertisements
Advertisements