BACAAN HARIAN

Dalam Dia Ada Hidup

Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Renungan Harian Katolik, Jumat 31 Desember 2021, Hari ke-8 Oktaf Natal (Putih)

Santo Sylvester I

Bacaan I : 1Yoh. 2:18-21

Mazmur : 96:1-2.11-12.13

Bacaan Injil : Yohanes 1:1-18

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: “Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.”

Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

RENUNGAN

Akhir tahun telah tiba. Kita telah melewati 365 hari. Sang Firman yang ada sebelum adanya waktu dan di luar waktu, masuk ke dalam Iingkaran waktu ketika menjadi manusia sama seperti kita.

Semula waktu adalah tanda kefanaan kita, tetapi dengan masuknya Sang Firman yang mengalahkan kematian, kita boleh menikmati hidup kekal sesudah kematian.

Maka, makna hidup (dalam waktu) berubah menjadi cerah. Sang Sabda menjadi manusia, supaya kita manusia bisa diilahirkan dalam kurun waktu.

Ketika kita dilahirkan, kita tidak mempunyai apa-apa dan tidak mempunyai kemampuan apa pun. Dalam waktu kita bertumbuh dan berkembang mencapai kesempurnaan seperti Kristus Yesus. Kita bertumbuh menjadi orang yang berguna bagi keluarga, Gereja, dan bangsa.

Maka, marilah kita memaknai waktu yang dianugerahkan Tuhan sebagai kesempatan untuk berkembang, bersyukur, dan berbuat sesuatu yang berguna bagi keluarga kita masing-masing, bagi gereja kita, dan bagi Tanah Air kita.

Selamat memasuki tahun baru yang pernuh rahmat!

DOA

Ya Yesus, terima kasih atas segala rahmat-Mu yang Engkau berikan kepada kami sepanjang tahun ini. Amin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.