ARTIKEL

Bulan Oktober Bulan Rosario

Memasuki bulan Oktober, umat Kristiani memiliki tradisi istimewa untuk menghormati Bunda Maria, Bunda Yesus. Jika bulan Mei didedikasikan khusus pada Bunda Maria (Bulan Devosi Bunda Maria), bulan Oktober khusus untuk Doa Rosario. Dengan demikian, bulan ini disebut Bulan Rosario.

Berbeda dengan Bulan Maria, penentuan Oktober menjadi Bulan Rosario memiliki kisahnya sendiri.

Dikutip dari laman Katolisitas, ini bermula dari pertempuran Lepanto yakni pertempuran di laut Ionia pada 1571. Saat itu negara-negara Eropa yang bersatu dalam Liga Suci (Holy League) diserang kerajaan Ottoman. Agama Kristen dalam keadaan genting dan terancam punah.

Pasukan Kristen di Spanyol, Genoa dan Venesia kalah jumlah dengan pasukan Turki. Don Juan dari Austria, komandan armada Katolik, mendaraskan doa Rosario demi memohon pertolongan Bunda Maria. Seruan untuk berdoa Rosario pun dikumandangkan di seluruh Eropa.

Pada 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama-sama umat di basilika Santa Maria Maggiore berdoa Rosario demi keselamatan para pasukan. Meski terlihat mustahil, tetapi pada akhirnya kemenangan ada di tangan pasukan Liga Suci menang. Paus Pius V pun menetapkan 7 Oktober sebagai peringatan Rosario. Kemudian Paus Gregorius XII menetapkan 7 Oktober sebagai Hari Raya Rosario Suci.

Doa Rosario hingga kini menjadi devosi yang kerap direkomendasikan para Paus. Banyak santo maupun santa menjadikan doa Rosario sebagai doa favorit termasuk Santa Teresa dari Avila, Santo Francis de Sales, Santo Alphonsus Liguori, Santo Don Bosco juga Santa Bernadette.

Dilansir dari laman Catholic Culture, Paus Leo XIII menyebut doa Rosario terdiri dari dua bagian yang tak terpisahkan yakni, meditasi tentang misteri dan pembacaan doa-doa.

Sampai sekitar abad 15, ada ratusan misteri atau peristiwa yang jadi bagian dari devosi ini. Kemudian Misteri Rosario ditetapkan ada 15 peristiwa.

Pada 2002, Paus Yohanes Paulus II menambahkan Peristiwa Terang lewat ensiklik Rosarium Virginis Mariae. Kini ada 20 peristiwa yang terbagi atas Peristiwa Gembira, Peristiwa Sedih, Peristiwa Mulia dan Peristiwa Terang.

Advertisements
Advertisements