BACAAN HARIAN

Berjaga-jagalah Senantiasa

Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.

Renungan Harian Katolik, Minggu 28 November 2021, Pekan Adven I (Ungu).

Santa Katarina Laboure

Bacaan Pertama : Yer. 33:14-16

Mazmur : 25:4-5ab.8-9.10.14;

Bacaan Kedua : 1Tes. 3:12-4:2

Bacaan Injil : Lukas 21:25-28.34-36

“Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.”

“Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

RENUNGAN

Tuhan setia dengan janji-Nya kendati Israel sudah memberontak bahkan berkhianat. Dia adalah Allah yang setia kepada perjanjian-Nya. “Sesungguhnya waktunya akan datang. Demikianlah firman Tuhan, bahwa Aku akan menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda” (Yer.  14- lb).

Pada waktu itu, Aku akan menumbuhkan tunas keadilan bagi Daud dan Yerusalem akan hidup dengan damai dan tenteram. Dengan penggenapan janji itu, maka mereka merindukan atau mendambakan suatu keadaan yang berbeda dengan mereka alami di pembuangan.

Tertindas dan hidup dalam ketidakadilan adalah sebuah realitas yang tidak menyenangkan bagi umat Israel saat itu. Maka, ketika mereka menerima janji Allah tentang pembebasan seperti yang disampaikan Nabi Yeremia, seakan membuka semangat dan harapan baru bagi mereka.

Dalam Injil hari ini, kita juga diajak untuk memiliki semangat hidup dan harapan yang baru sebab kita sangat percaya bahwa seburuk apa pun situasi dunia ini, kita tidak akan ditinggalkan Tuhan, “… bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat” (Lukas 21:28).

Dengan kata lain, kita diajak untuk memiliki semangat dan sikap hidup yang benar bagaimana menghadapi berbagai peristiwa yang kita alami termasuk dalam menyikapi tanda-tanda kedatangan Anak Manusia.

Ketakutan, kebingungan, dan kecemasan yang berlebihan bukanlah sikap yang benar. Sebagai orang beriman, mari kita berpikir dan bertindak yang benar dalam setiap aspek kehidupan kita. Bangkitlah dan angkatlah mukamu, ungkapan ini mengisyaratkan supaya kita meninggalkan cara hidup lama dan masuk ke dalam hidup baru untuk mengalami dan membagikan kasih Allah kepada semua orang.

DOA

Ya Allah, semoga Engkau menjadikan kami sebagai pelaku dan pembawa Kabar Baik di tengah berbagai ketakutan dan kecemasan yang terjadi di masyarakat. Amin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.