WARTA PAROKI

Babtis Dewasa 2021

Setelah perjalanan dan penantian yang cukup panjang, akhirnya Babtis Dewasa dapat diselenggarakan pada tahun ini.

JagoKomSos.Org – Kamis, 23 Desember 2021 menjadi hari bahagia bagi ke-44 Katekumen yang dipermandikan pada hari ini. Secara resmi, Gereja Katolik Paroki Santo Yusup Ambarawa membaptis 44 Katekumen anak hingga dewasa yang keseluruhannya berasal dari seputar Paroki Ambarawa.

Mereka layak untuk berbahagia, mengingat penantian dan perjalanan panjang untuk sampai pada tahap ini. Dimulai dengan tahap Prakatekumenat, tahap Katekumenat, hingga tahap persiapan akhir sampai mereka dibabtis hari ini. Hari ini adalah hari dimana mereka resmi menjadi anggota Gereja Katolik, hari dimana untuk pertama kalinya mereka menyantap Tubuh Kristus. Proficiat.

Sesudah dibaptis, para baptisan baru ini menerima atau mengalami masa pembinaaan iman sebagai baptisan baru yang disebut Mistagogi. Untuk dibaptis, seseorang harus percaya dan beriman kepada Kristus. Percaya kepada Kristus berarti hidup sesuai dengan ajaran Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Melalui Sakramen Baptis, sesorang dilahirkan kembali dalam air dan roh. Lilin menyala yang diterima oleh baptisan baru dalam upacara sakramen baptis merupakan lambang baptisan baru yang sudah diterangi oleh Kristus dan harus senantiasa berusaha hidup dalam terang Kristus.

Sesudah babtis diharapkan pula para babtisan baru semakin terlibat dalam kehidupan mengereja, baik di lingkungan maupun di gereja.

Baca juga : Wawancara Calon Babtis Dewasa

Acara Babtis Dewasa ini diselenggarakan oleh Tim Inisiasi yang bernaung dibawah Bidang Pewartaan dan Evangelisasi. Kegiatan dimulai tepat pukul 18.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Romo Agustinus Sigit Widisana, SJ. Dalam homilinya, Romo Sigit menekankan pentingnya arti dan makna sebuah nama, terutama nama baptis.

“Seseorang mempunyai nama, selain memudahkan untuk memanggilnya, juga pastinya mempunyai makna. Sama halnya dengan nama babtis, seorang yang dibaptis mempunyai nama baptis dengan maksud tertentu. Kita dapat mencontoh maupun meneladan hidup dari Santo maupun Santa yang kita pilih.”

Sebagai catatan, nama Baptis yang diambil dari Santo maupun Santa tersebut pada dasarnya telah terukir dalam Yesus. Dengan meneladan kehidupan Santo maupun Santa sesuai pilihan nama baptis kita, diharapkan hidup kita akan sesuai dengan yang dikehendaki oleh Tuhan. (dp)

Baca juga : Rekoleksi Katekumen

Silahkan download dokumentasi Baptis Dewasa 2021 di sini atau melalui link berikut :

DOWNLOAD DOKUMENTASI BABTIS DEWASA 2021

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari JagoKomsos.Org.

Mari bergabung di Grup dan Chanel Telegram “JAGO KOMSOS“, caranya klik link https://t.me/jagokomsos kemudian join. Anda harus menginstall aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Fotografer : Fransiscus Aji Santoso, Fransiskus Astha Adji Nugraha, Christian Advent

Advertisements
Advertisements

3 thoughts on “Babtis Dewasa 2021

    • Everything goes smoothly🙏

      Reply
  • Why are not all babtism followers pupnlished ?
    I have been still waiting for the picture of Matheus from Anselmus Magdala.
    Good luck .
    Thanks.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *